Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Kembangkan Apelo, Alat Pengasap Lele Otomatis

Mahasiswa UNY Kembangkan Apelo, Alat Pengasap Lele Otomatis

YOGYAKARTA- Olahan ikan lele bisa dihasilkan tanpa menggunakan pengawet sama sekali yakni dengan pengasapan. Sebuah inovasi APELO (Alat Pengasap Lele Otomatis) yang dikembangkan tiga mahasiswa FMIPA UNY ini bisa membantu pelaku usaha lele asap dalam memproduksi olahan tersebut.

Ketiga mahasiswa tersebut yakni Ningtyas Yuniar Respati, Enny Dwi Cahyanti, dan Doni Bowo Nugroho. Mereka melihat selama ini pembuatan asap lele  menggunakan alat tradisional, arang dan dedaunan. Hal ini menyebabkan mutu produk yang dihasilkan kurang baik terutama saat memproduksi dalam jumlah besar.

Alat APELO (Alat Pengasap Lele Otomatis) yang dibuat oleh ketiga mahasiswa tersebut bekerja dengan suhu yang terkontrol sehingga mempertahankan kualitas tekstur dan bentuk ikan lele sehingga hasilnya lebih baik daripada menggunakan alat konvensional ataupun oven pemanggang.

Ningtyas menjelaskan, APELO menerapkan sistem kontrol otomatis dengan bantuan ATMega8. Sistem ini akan lebih mempermudah dalam proses pengasapan lele.

Selain penggunaan yang lebih efisien, aspek higienis juga akan diperoleh ketika menggunakan alat ini. Selain itu, APELO juga menerapkan bahan-bahan yang ramah lingkungan. (UNY/SS)

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *