Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Olah Bunga Kluwih Jadi Abon Lezat
mahasiswa-uny-olah-bunga-kluwih-jadi-abon-lezat
Mahasiswa UNY mengolah bunga kluwih menjadi abon lezat (foto: UNY)

Mahasiswa UNY Olah Bunga Kluwih Jadi Abon Lezat

Edupost.id, Yogyakarta – Bunga kluwih umumnya hanya dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Namun, di tangan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY, bunga kluwih diolah dengan cara yang berbeda, yaitu dibuat menjadi abon yang lezat.

Mereka adalah Mia Muktiana Banowati, Nur Hikmah Resmiati, Lely Diana Sari Saputri, Yulia Happy Kusumastuti, Ratna Fladira, Ari Susanti, Ayu Puji Lestari, Rahma Damayanti, Apriyani Astasari dan Khusnul Khotimah.

Mia menyampaikan, selama ini kluwih hanya identik dimasak sebagai sayuran atau camilan, selain itu harganya pun murah. Karena itu, mereka mengolahnya dengam cara berbeda yakni menjadi abon.

Sementara itu, Nur Hikmah menyebutkan bahwa kandungan gizi kluwih bahkan lebih tinggi dibandingkan nangka. Nilai gizi kluwih per 100 gram mengandung kalori 111 kal, protein 1,5 gr, lemak 0,3gr, karbohidrat 27,2 gr kalsium 28 mg, besi 32 mg, fosfor 0,9 mg, vitamin A 20 Si, vitamin B 0,10 mg dan vitamin C 19 mg.

Mengenai cara membuatnya, Lely menjelaskan, kluwih yang telah dikupas direbus hingga matang dan disuwir-suwir. Kemudian kluwih yang telah disuwir tadi dicampurkan dengan bumbu dan santan lalu direbus sampai santan habis. Siapkan wajan yang telah diberi minyak goreng yang banyak, kemudian suwiran kluwih berbumbu tadi digoreng.

Setelah matang suwiran kluwih dikeringkan dengan cara disangrai. Setelah itu abon kluwih siap disajikan atau dikemas. Selain dimakan sebagai lauk, abon kluwih juga dapat dijadikan isi dari berbagai makanan lain seperti kue atau sumpia kering.

Bunga dan daun kluwih sendiri mempunyai beberapa senyawa antioksidan yaitu saponin, polifenol, tanin dan flavonoid. (UNY-IK-SS)

Check Also

wisuda

Mahasiswa Bidikmisi Raih Cumlaude pada Wisuda UNY

Edupost.id – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar wisuda periode Februari 2017 di GOR UNY, Sabtu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *