Jumat , 22 September 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Olah Kulit Pisang Jadi Cangkang Kapsul

Mahasiswa UNY Olah Kulit Pisang Jadi Cangkang Kapsul

YOGYAKARTA – Selama ini buah pisang baru dimanfaatkan dagingnya saja sedangkan kulitnya belum banyak dimanfaatkan. Kulit pisang hanya dibuang sebagai limbah organik atau pakan ternak seperti kambing, sapi, dan kerbau. Namun, di tangan tim mahasiswa FMIPA UNY, kulit pisang tersebut dimanfaatkan sebagai bahan cangkang kapsul keras pembungkus obat non-gelatin.

Tim mahasiswa itu ialah Wulan Sari Ningsih (Pend. IPA), Jati Nuswantari, Isnaini Kholilurrohmi (Pend. Kimia), Chumairoh Luthfi Ratih Mandadara (Pend. Matematika), dan Ratih Sukmaresi (Pend. Biologi).

Ketua tim, Wulan menyebutkan, pembuatan cangkang kapsul obat dari kulit pisang meliputi pembuatan bioplastik dan cangkang. Untuk membuat bioplastik dari pati kulit pisang, kulit buah pisang dicuci lalu direndam dengan air garam kurang lebih 12 jam. Kemudian dihaluskan dengan memblender, yang sebelumnya ditambah air secukupnya.

Kulit pisang yang telah halus disaring untuk diambil airnya, yakni sari pati kulit pisang. Tiap 100 ml sari pati kulit pisang ini lalu dicampur 2 sdt asam cuka dan 2 sdt gliserin. Kemudian, campuran pati kulit pisang, asam cuka, dan gliserin dipanaskan di atas api. Setelah kurang lebih 2 menit ditambahkan 2 sendok tepung maizena dan dipanaskan kembali selama 15 menit sambil terus diaduk.

“Sedangkan untuk  pembuatan cangkang kapsul kulit pisang, bahan tambahan seperti pengawet dan pewarna dicampurkan ke dalam bioplastik pati kulit pisang sehingga membentuk campuran homogen. Lalu campur dan masukkan bahan dasar tersebut ke dalam pencetak kapsul dilanjutkan dengan memeriksa kelayakan kapsul,” terang Wulan.

Adapun kulit pisang mengandung karbohidrat berupa amilum. Selain itu, kulit pisang mengandung vitamin C, B, kalsium, protein, dan juga lemak yang cukup. Komposisi kulit pisang juga banyak mengandung air yaitu 68,90% dan karbohidrat sebesar 18,50% serta zat-zat lainnya. (UNY/IK-SS)

Check Also

kekerasan-seksual-anak

KPAI : Waspada! Kejahatan Seksual Makin Marak di Medsos

Edupost.id – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pornografi dan Cybercrime, Margaret Aliyatul Maimunah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *