Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Olah Limbah Berbahaya Jadi Bahan Keramik
keramik-di-kasongan-yogyakarta
Keramik (foto: Kasongan)

Mahasiswa UNY Olah Limbah Berbahaya Jadi Bahan Keramik

Edupost.id – Kotagede, Yogyakarta cukup terkenal dengan industri kerajinan perak. Namun, limbah buangan dari industri ini membahayakan kesehatan. Karena itu, mahasiswa FMIPA UNY mencoba mengolah limbah berbahaya menjadi bahan keramik.

Mahasiswa UNY itu terdiri dari Ferdinand Dos Santos, Putranto Setyawan, Nanda Reni Fera Ramadhan, Ulliyah Sumanjaya, Vita Fatmadewi.

Ferdinand menjelaskan, penelitian ini menggunakan proses elektrokoagulasi dimana ion-ion logam berat dalam limbah cair electroplating akan membentuk flok yang kemudian akan terendapkan. Endapan ini kemudian dipisahkan dan digunakan sebagai bahan baku pengglasiran keramik.

Penelitian dilaksanakan dengan  pengambilan sampel. Kemudian sampel diuji kadar awal  logam yang terdapat dalam limbah. Setelah itu dilakukan proses elektrokoagulasi dengan variasi variable beda potensial,  elektroda, dan waktu.

Kemudian, endapan akan terbentuk dan larutan (sampel) akan diuji lagi untuk menentukan kadar akhir ion Timbal (Pb2+), kromium (III) (Cr3+), Cadmium  Cd2+, Seng (Zn2+), Tembaga (Cu2+) sehingga dengan variasi-variabel didapatkan elektroda, dan waktu yang dapat mengendapkan ion Pb2+, Cr3+, Cd2+, Zn2+, Cu2+secara optimum dengan melihat selisih kadar awal dan akhir”, lanjutnya.

Selanjutnya, endapan ini dipisahkan dan dicampur dengan bahan pengglasiran lain (Alumina, Silika, Flux) selanjutnya proses pengglasiran keramik dengan variasi suhu dilakukan. Keramik diuji secara visual terkait warna dan tekstur yang terbentuk. (UNY/ IK-SS)

 

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *