Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Olah Limbah Plastik Jadi Boneka Cantik
boneka-dari-plastik-karya-uny
Mahasiswa UNY ubah limbah plastik jadi boneka cantik (foto: UNY)

Mahasiswa UNY Olah Limbah Plastik Jadi Boneka Cantik

Edupost.id – Limbah plastik semakin lama semsehingga akin menumpuk menyebabkan pencemaran lingkungan. Permasalahan tersebut akhirnya mendorong lima mahasiswa UNY berinovasi mengubah limbah plastik menjadi boneka wisuda.

Mereka adalah Luthfi Nurlaily, Kartika Bunga Nadhya Noor, Nur Siva Fauziah, Adetia Ratih Pratiwi, keempatnya dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE), dan Annisa Nida Harsellenta dari Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

“Sebagai mahasiswa, kami melihat saat ini banyak bingkisan-bingkisan ujian skripsi dan wisuda berupa boneka-boneka wisuda. Kami pikir pemanfaatan limbah plastik memiliki peluang di sini, sehingga tercetuslah Bondastik (boneka wisuda dakron plastik), boneka wisuda dengan memanfaatkan limbah plastik sebagai bahan substitusi dakron pada umumnya,” paparnya.

Adetia menambahkan, cara memproduksi Bondastik tidak jauh berbeda dengan boneka-boneka lainnya. “Hanya saja bahan dakron tidak banyak digunakan karena diganti dengan limbah plastik,” ucapnya.

Cara membuatnya, lanjutnya, limbah plastik sebelum digunakan, dicuci terlebih dahulu hingga bersih, lalu dikeringkan dan kemudian dipotong atau dicacah kecil-kecil.

Sedangkan proses pembuatan boneka, sama dengan boneka-boneka lainnya, yaitu pemotongan pola, pembordiran bagian-bagian boneka, penjahitan tubuh boneka dan baju, serta yang terakhir adalah pengisian boneka dengan dakron dan limbah plastik yang sudah dicacah-cacah.

Kelima mahasiswa peraih dana hibah Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan 2016 ini berharap agar dapat mengembangkan boneka-boneka dakron plastik lainnya. (UNY/ IK-SS)

 

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *