Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Olah Umbi-umbian Jadi Plastik Ramah Lingkungan
Mahasiswa-UNY-Ciptakan-Plastik-Ramah-Lingkungan-dari-Umbi-umbian
Mahasiswa UNY Olah Umbi-umbian Jadi Plastik Ramah Lingkungan (foto: UNY)

Mahasiswa UNY Olah Umbi-umbian Jadi Plastik Ramah Lingkungan

Edupost.id – Mahasiswa FMIPA UNY berhasil memanfaatkan pati umbi-umbian (gadung dan gembili) untuk membuat bioplastik ramah lingkungan. Penelitiannya berjudul  “Sintesis dan Karakterisasi Bioplastik Ramah Lingkungan Berbasis Pati Umbi-Umbian Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta”.

Tim UNY itu terdiri dari Dita Ardwiyanti Hesti Kurniawati, Ide Engga Yonanda, Nurlina Rafidah, dan Donna Meylinda.

Dita menyebutkan, sampah plastik konvensional yang masih mendominasi hingga saat ini berasal dari petroleum atau gas alam yang sulit terurai. Salah satu alternatif solusi yang sedang gencar ditawarkan oleh penduduk dunia adalah mensubstitusi bahan baku plastik konvensional yang sulit terdegradasi dengan bahan baku yang lebih mudah terdegradasi secara alamiah.

Menurut Dita, Singkong, ubi jalar, kentang, dan sagu merupakan bahan baku yang mendominasi pangsa pasar bioplastik. Sedangkan, bahan yang belum banyak digunakan diantaranya gadung dan gembili.

Gadung dan gembili, lanjut Dita, mengandung karbohidrat dengan kadar yang cukup tinggi. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kandungan pati/ karbohidrat di dalamnya juga cukup tinggi. Dengan tingginya kandungan karbohidrat, umbi-umbian yang termasuk ke dalam salah satu aspek kearifan lokal DIY tersebut dapat diperkenalkan kepada masyarakat luas dalam bentuk bioplastik.

Prosedur penelitian meliputi pembuatan ekstrak pati, Pembuatan Bioplastik dengan Metode Blending, Uji Swelling, dan Uji Biodegradasi.

“Karakteristik bioplastik pati umbi gadung dan gembili yang telah diidentifikasi dalam penelitian ini antara lain sifat mekanik,  kuat tarik tertinggi dimiliki oleh bioplastik pati gadung dengan formulasi gliserol 3 ml, sedangkan perpanjangan putus tertinggi dimiliki oleh bioplastik pati gadung dengan formulasi gliserol 7 ml,” ujar Dita. (UNY/ IK-SS)

Check Also

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Mahasiswa UNS Ciptakan Aplikasi Bimbingan Belajar Cariles

Edupost.ID- Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *