Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Raih Dua Medali Emas di Mesir
UNY medali emas kairo
Mahasiswa UNY raih medali emas di Kairo, Mesir (foto: UNY)

Mahasiswa UNY Raih Dua Medali Emas di Mesir

Edupost.id, Yogyakarta – Dua mahasiswa UNY berhasil meraih dua medali emas di ajang The Egyptian International Invention and Innovation Exhibition (EGYPTINVENT) 2016 di Kairo, Mesir. Mereka adalah Rifaldy Fajar (Matematika 2014), dan Rini Winarti (Pendidikan Biologi 2014.

Kompetisi yang digelar pada 8 – 10 Maret lalu ini merupakan acara tahunan yang diadakan Association of  Egyptian Inventors Syndicate (EIS) bekerja sama dengan World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA), Ministry of State for Youth Affairs of Egypt, Egyptian Society for Woman and Youth Inventors (AAEWI) dan Beni Suef University.

Acara ini diikuti ratusan inventor dari beberapa negara, di antaranya Malaysia, Indonesia, Korea Selatan, India, Sri Lanka, USA, Bosnia, Thailand, Taiwan, China, dan beberapa negara lainnya.

Tim UNY tergabung dalam kelas Kesehatan dengan spesifikasi inovasiCytotoxic Testing Results of Ethanol Extract of Fractination Carica Dieng Seeds (Carica candamarcensis) toward  T47d Breast Cancer Cells Using MTT Method. Sementara, temuan yang satu oleh Rifaldy dengan Mathematical Model and Stability Analysis on the Spread of Disease of Gonorhoe.

Tim UNY ini sebelumnya telah mendapatkan beasiswa dari pihak penyelenggara dan berhak mewakili Indonesia dalam EGYPTINVENT 2016. Setelah raihan dua medali emas tersebut, mereka kembali memperoleh The Best Presentation untuk Kategori Health.

Lomba ini  berkonsep exhibition  dengan sistem presentasi-tanya jawab dalam Bahasa Inggris. Perangkat yang harus disediakan dalam ajang ini adalah poster, brosur, artikel dan produk invensi.  Juri  dari berbagai negara berputar mengunjungi setiap meja dan mengajukan beberapa pertanyaan ke  inventor. Deskripsi karya, keunggulan produk, implementasi dan perihal paten menjadi pertanyaan wajib juri.  (UNY/ IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *