Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Ubah Limbah Jamur Tiram Jadi Pupuk Organik
Mahasiswa UNY Ubah Limbah Jamur Tiram Jadi Pupuk Organik
Mahasiswa UNY Ubah Limbah Jamur Tiram Jadi Pupuk Organik (foto: UNY)

Mahasiswa UNY Ubah Limbah Jamur Tiram Jadi Pupuk Organik

Edupost.id – Limbah yang dihasilkan dari budidaya jamur tiram dapat mencemari lingkungan, padahal masih bisa dimanfaatkan jika dikelola kembali. Hal inilah yang dilakukan tiga mahasiswa FMIPA UNY, mereka mengubah limbah media jamur tiram menjadi pupuk organik.

Mereka adalah Yashinta Devi, Muhammad Yulianto Budiono, Reni Wiarti Muharomi. Devi menerangkan, menurut  data dari Dinas Pertanian Provinsi DIY,  jumlah petani jamur sekitar 100 orang dengan kapasitas bag log jamur per orang sekitar 13.000.

Bila dilihat dari jumlah pembudidaya jamur tiram, tambahnya, kelimpahan limbah yang dihasilkan sangat banyak dan saat ini belum terkelola dengan baik. Padahal limbah budidaya jamur tiram sangat potensial untuk dikembangkan menjadi pupuk organik.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi pemberian Effective Microorganism (EM4) berpengaruh terhadap kualitas Organic Fertilizer dari limbah media jamur tiram, mengetahui variasi Organic Fertilizer dari limbah media jamur tiram yang sesuai dengan standar dari Kementerian Pertanian,” jelasnya.

Untuk metode penelitian, lanjut Devi, menggunakan variasi konsentrasi Effective Microorganisme (EM4). Metode ini diterapkan dalam pembuatan pupuk organik limbah media tanam jamur tiram dari Minggu ke-0 Sampai Minggu ke-4 dengan parameter uji C/N organik, kadar air, pH, dan suhu.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penambahan kadar EM4 15% merupakan variasi terbaik atau lebih mendekati standar. (UNY/IK-SS)

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *