Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mahasiwa UIN Sunan Kalijaga Tanam Seribu Pohon di PRB ke-4

Mahasiwa UIN Sunan Kalijaga Tanam Seribu Pohon di PRB ke-4

Edupost.Id, Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Biologi (Hima Bio) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menggelar acara Pekan Raya Biologi (PRB). Acara tahunan yang akan berlangsung ke-4 kalinya ini mengusung tema “Kujaga Lingkungan melui Kearifan Lokal”. Salah satu bentuk kegiatan pelestarian lingkungan yang akan dilaksanakan adalah penanaman seribu pohon di Cangkringan, Sleman pada 28 Febuari mendatang.

Ketua Hima Bio UIN Sunan Kalijaga, Ira Nurfita Ningrum menyebutkan, PRB tahun ini membawa misi penyelamatan kelestarian lingkungan dengan mengedepankan kearifan lokal. Rangkaian acara akan dimulai pada 20 Maret mendatang.

“Kita ketahui antusiasme mahasiswa dan masyarakat menjaga kelestarian alam kan menurun. Jadi kita perbaiki alam dengan kearifan lokal melalui kegiatan yang salah satunya penanaman pohon,” ujar Ira kepada Edupost.Id ketika dijumpai di kampus UIN.

Program penanaman pohon ini akan melibatkan mahasiswa, instansi pemerintah, hingga masyarakat sekitar Cangkringan. Menurut Ira, dari target 1.000 bibit pohon, hingga saat ini sudah terkumpul sekitar 500 bibit.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa ingin mengajak masyarakat memiliki kesadaran bersama dalam melestarikan lingkungan.

Ditambahkan Ira, event PRB tahun ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara lainnya. Salah satunya adalah Olimpiade Biologi SMA se-Jawa yang dikemas dalam BIOLIMPIC 2016. Olimpiade ini diawali dengan babak penyisihan pada 6 Maret mendatang yang digelar serentak di beberapa kota. Babak semi final dan final akan digelar pada 24 Maret 2016 di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pendaftaran dibuka pada 1 Januari – 1 Maret 2016.

Panitia juga masih mengagendakan kegiatan pendukung lainnya. Diantaranya Kompetisi Futsal Mahasiswa Biollogi se-DIY pada Sabtu-Minggu, (19-20/3) di Lapangan Futsal UIN Sunan Kalijaga, Talkshow, Ekspo, dan lomba fotografi. (Andi)

Check Also

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman Jadi Pembicara di Forum WHO

Edupost.id – Seorang bocah perempuan bernama Monica beberapa hari ini mendadak viral di dunia maya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *