Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mainan “My Teacher Tangram” Mahasiswa UGM Asah Kecerdasan Anak

Mainan “My Teacher Tangram” Mahasiswa UGM Asah Kecerdasan Anak

YOGYAKARTA – Anak pada usia 5-7 tahun sedang berada pada tahap eksplorasi lingkungan melalui simbol-simbol seperti bentuk, warna, dan kata-kata. Karena itu pada masa ini, anak-anak perlu diberi stimulus untuk mengasah kecerdasannya. Konsep inilah yang melatarbelakangi tim mahasiswa UGM mengembangkan My Teacher Tangram.

Tim mahasiswa UGM itu terdiri dari Muhamad Randi Ritvaldi, Verdiaz Refikhanata dan Urfan Qinthara dari Teknik Elektro, Tyas Nurul Hidayati dari Teknik Industri, dan Naufi Ulumun Nafiah dari Fakultas Psikologi.

“Nilai edukasi yang diberikan bukan hanya mengasah keterampilan kognisi, tetapi juga motorik, emosi, kreativitas, imajinasi, dan kepercayaan diri untuk menyelesaikan masalah,” ungkap Tyas.

Tyas menambahkan, My Teacher Tangram itu terbuat dari bahan akrilik yang menyerupai puzzle dengan tujuh potongan beragam bentuk dan warna. Mainan ini membantu anak memvisualisasikan dan mengenal benda-benda yang di sekitar.

“Untuk satu produk tangram My Teacher tersedia dalam kemasan produk tangram yang dilengkapi dengan buku panduan berisikan informasi petunjuk permainan. Selain itu ada sekitar 50 gambar disertai dengan panduan kosakata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris,”paparnya.

Permainan tangram ini dirancang untuk anak usia 4-7 tahun. Ketika bermain, anak akan menebak dan mencoba-coba bentuk potongan yang digabungkan menjadi satu pola besar berbentuk benda di sekitarnya. Hal ini akan memancing rasa ingin tahu anak untuk terus berkreasi sekaligus memacu kognitif anak untuk mengenal benda-benda.

Avrin Nur Widyastuti, selaku dosen pembimbing menyebutkan, produk tangram My Teacher ini telah mendapat dukungan dari beberapa stakeholder terkait, salah satunya dukungan dari Mei Neni Sitaresmi, dokter spesialis tumbuh kembang anak yang menyatakan bahwa Tangram My Teacher merupakan mainan edukasi yang baik bagi anak di masa pertumbuhannya. (UGM/IK-SS)

Check Also

lomba karya tulis internasional

Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja

Edupost.id – Lomba Karya Tulis Internasional bagi Anak-anak dan Remaja ini diadakan oleh Departemen Pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *