Selasa , 23 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Matematika dapat Berperan dalam Penataan Kota

Matematika dapat Berperan dalam Penataan Kota

Edupost.ID, Yogyakarta – Selama ini ilmu matematika di kalangan masyarakat luas seringkali hanya dianggap sebagai ilmu yang berkutat pada ilmu hitung semata. Menanggapi hal itu, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) UGM menghadirkan Seminar Nasional Matematika yang akan mengupas secara mendalam mengenai konsep Smart City. Acara ini digelar di Auditorium University Club (UC) UGM, (21/11).

Ketua Panitia, Angga Setyana mengatakan, pada kenyataanya banyak segi pandang ilmu matematika yang sarat akan kehidupan sehari-hari. Hal ini seperti terlihat pada permasalahan global yang diakibatkan peledakan jumlah penduduk yang diiringi dengan adanya fenomena persebaran penduduk yang tidak merata. Selain itu, dikatakan Angga, matematika sangat berperan strategis dalam konsem smart city.

“Kami ingin menyampaikan bahwa matematika tidak hanya berkutat pada angka. Matematika juga berperan penting dalam konsep penataan smart city,” ujar Angga.

Untuk itu, panitia menghadirkan tiga pembicara pada acara ini. Ketiganya merupakan tokoh yang sangat berkompeten pada bidang ini. Pembicara pertama adalah Widodo, dosen aktif Jurusan Matematika Fakultas MIPA UGM. Selain itu, hadir pula seorang budayawan Betawi,  Ridwan Saidi, dan terakhir, I Made Ariya Sanjaya, Smart City Researcher & Smart City Command Center Programmer.

Pada kesempatan ini, Widodo memaparkan peran ilmu matematika dalam penerapan konsep Smart City. Selain itu, dipaparkan juga tentang sudut pandang ilmu matematika mengenai konsep Smart City. (Andi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *