Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Melalui Orkestra, Mahasiswa UB Bantu Siswa Tuna Grahita
Melalui Orkestra, Mahasiswa UB Jadikan Siswa Tuna Grahita Juara
Melalui Orkestra, Mahasiswa UB bantu Siswa Tuna Grahita Juara (foto: UB)

Melalui Orkestra, Mahasiswa UB Bantu Siswa Tuna Grahita

Edupost.id – Melalui program Optimalisasi Kreativitas Seni Tuna Grahita atau ORKESTA, lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) mampu mengantarkan siswa tuna grahita meraih gelar juara dalam kompetisi kreativitas dan ketangkasan se-Kota Malang. Mereka menerapkan tiga metode ORKESTA, yaitu pembelajaran, pendampingan, dan praktek pada siswa SLB Sumber Dharma Kota Malang.

Kelima mahasiswa itu ialah Wildan Avian (FIA), Dodi Irawan (FISIP), Reny Rachmatika (FK), Anjang Feronica (FK), dan Nadiya Maulidyah (FK).

Wildan, Ketua Tim mengatakan, persepsi negatif masyarakat umum terhadap difabel mendasari timnya untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang potensi di balik kekurangan mereka. “Setelah kami gali ternyata adek adek difabel terutama yang tuna grahita mempunyai otak kanan yang kuat dibandingkan otak kiri. Hal ini berarti potensi seni mereka jauh lebih kuat dibandingkan di bidang akademis,” ungkap Wildan.

Berlatar belakang hal tersebut, mereka lantas melakukan pengajaran drama, kerajinan tangan, menari, menyanyi, puisi, dan tilawah. Proses pengajaran, pendampingan, dan praktek yang dilakukan selama satu bulan menghasilkan dampak positif, yaitu pertama mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa SLB Sumber Dharma melalui prestasi yang diraih pada kategori menari, bernyanyi, drama, dan puisi.

Kedua siswa-siswi SLB Sumber Dharma mampu mengadakan pertunjukkan seni pada bulan April bersamaan dengan peringatan hari Kartini. Pertunjukkan seni diselenggarakan pada bulan April bersamaan dengan peringatan hari kartini. Pertunjukan seni tersebut diselenggarakan di hadapan dewan gruu dan orang tua serta para volunteer.

Hasil positif yang diraih ternyata menambah kepercayaan diri tim untuk menambah program kerja yang telah mereka susun, yaitu dengan melakukan sosialisasi perekrutan volunteer Sahabat ORKESTRA. (UB/IK-SS)

Check Also

unbraw

UB Siapkan 600 Komputer untuk CBT SBMPTN Tahun Ini

Edupost.id – Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini sedikit berbeda dibandingkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *