Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Memanah Jadi Lebih Asyik Berkat Smart Trainer for Acher
Memanah Jadi Lebih Asyik Berkat Smart Trainer for Acher
Memanah Jadi Lebih Asyik Berkat Smart Trainer for Acher

Memanah Jadi Lebih Asyik Berkat Smart Trainer for Acher

Edupost.id – Lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil menciptakan smart trainer for archer berbasis sinar laser dan accelerometer untuk mempermudah berlatih panahan. Ide tersebut berawal saat mereka melihat prestasi atlet panahan di Indonesia yang membanggakan, sedangkan industri peralatan olahraga khususnya panahan belum banyak ditemukan di Indonesia.

Lima mahasiswa tersebut terdiri dari Sigit Imam Sutaji, Oby Zamisyak, Dwi Marlina, Afif Nurfathin, dan Ferry Yuda Purnama.

Uji coba alat ini di laksanakan di Lapangan Panahan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY. Sasaran ujicoba adalah pemanah pemula yang sedang berlatih panahan dan dilatih oleh Heru Prasetyo, atlet panahan jebolan UNY.

“Kami sebagai pelatih sangat terbantu dengan adanya alat ini. Pertama kami dapat mengetahui getaran lengan seorang atlet panahan dan kedua kami dapat mengetahui kemiringan busur ketika atlet tersebut menarik busurnya. Jadi kedepannya harapan kami alat ini dapat diproduksi secara masal agar bisa membantu bidang panahan Indonesia,” ujar Heru Prasetyo yang juga merupakan pelatih panahan di lapangan panahan FIK UNY.

Oby Zamisyak, salah seorang anggota kelompok menjelaskan bahwa Smart trainer for archer ini menggunakan accelerometer untuk mengukur percepatan, serta mendeteksi dan mengukur vibrasi atau getaran.

“Sedangkan arduino Pro Mini sebagai papan mikrokontroler berdasarkan Atmega 328 SMD, LED laser sebagai pembidik, dan baterai Li-Po sebagai sumber daya, serta bluetooth HC05 untuk mengirimkan data ke smartphonepelatih,” terang Oby.

Oby menambahkan bahwa alat ini juga sudah diajukan untuk mendapat HAKI melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY.

 

Check Also

Nugget Singkong Kreasi UNY, Penambah Nafsu Makan

Nugget Singkong Kreasi UNY, Penambah Nafsu Makan

Edupost.id – Di tangan mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) singkong diubah menjadi makanan kekinian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *