Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Meneliti 30 Tahun, Dosen ITS Raih Penghargaan Internasional
Meneliti 30 Tahun, Dosen ITS Raih Penghargaan Internasional
Meneliti 30 Tahun, Dosen ITS Raih Penghargaan Internasional (foto: ITS)

Meneliti 30 Tahun, Dosen ITS Raih Penghargaan Internasional

Edupost.id – Dosen Jurusan Fisika ITS, Prof Dr Darminto berhasil meraih penghargaan di ajang International Association of Advanced Materials (IAAM), akhir Agustus lalu. Selama hampir 30 tahun meneliti, Darminto beberapa kali menciptakan material mutakhir dari bahan alam. Tak hanya di Indonesia, penelitiannya pun dibawa terbang ke Negeri Sakura.

“Ada banyak, tapi yang paling saya suka adalah grafena yang berhasil saya ciptakan dari limbah batok kelapa. Saya meneliti sendiri bersama beberapa mahasiswa sampai ke laboratoium di Jepang dan mungkin ini yang membuat saya mendapatkan medali IAAM,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, grafena adalah material baru yang biasa digunakan untuk pembuatan barang elektronik atau panel surya. Jumlahnya yang terbatas membuat harga grafena melambung tinggi. Walau demikian, grafena tetap menjadi incaran dunia karena kemampuannya yang luar biasa.

“Dengan grafena, saya dan mahasiswa saya pernah mengembangkan pesawat yang tidak bisa terdeteksi gelombang radar,” ucapnya.

Terkait IAAM, lanjutnya, Darminto mengaku tak pernah mendaftar. Dia justru diundang langsung oleh panitia European Advanced Materials Congress (EAMC) untuk mendapat penghargaan yang diserahkan di Swedia. “Selain Indonesia, dari Asia ada Tiongok, Jepang, Korea, Taiwan dan India. Dari Indonesia sendiri ada tiga orang yaitu saya dari ITS, dua lagi dari Universitas Andalas dan UGM,” terang Darminto.

Ia menambahkan, penghargaan IAAM yang diperolehnya didasari pada sejumlah riset yang dilakukan sepuluh tahun terakhir. Dari sekitar 400 karya yang masuk, hanya sepuluh persen saja yang berhasil membawa pulang medali ke negaranya.

Tak hanya aktif meneliti bahan alam, Darminto mengaku dirinya juga banyak terjun di Indonesian Neutron Scattering Society (INSS). Organisasi yang berurusan dengan nuklir ini bekerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) untuk sejumlah penelitian khususnya di bidang pengembangan tenaga nuklir. (ITS/IK-SS)

 

Check Also

Paduan Suara ITS Raih Tiga Trofi di Kompetisi Internasional

Paduan Suara ITS Raih Tiga Trofi di Kompetisi Internasional

Edupost.id – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali berprestasi di kancah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *