Senin , 5 Desember 2016
Home / Kabar Kampus / Minat Generasi Muda untuk Bertani Terbilang Rendah
Minat Generasi Muda untuk Bertani Terbilang Rendah
Minat Generasi Muda untuk Bertani Terbilang Rendah (foto: UGM)

Minat Generasi Muda untuk Bertani Terbilang Rendah

Edupost.ID – Rektor UGM Dwikorita Karnawati mengatakan, saat ini minat generasi muda untuk terjun dalam dunia pertanian terbilang rendah. Umumnya, petani di era saat ini didominasi oleh orang tua yang berusia di atas 40 tahun.

Ditambahkan Rita, di tahun 1960 sebanyak 85 persen penduduk Indonesia terjun dalam bidang pertanian. Namun, jumlah itu telah menurun drastis si saat ini. Data terakhir di tahun 2015, tercatat yang tinggal di pedesaan sekitar 45 persen.

“Artinya, apa dalam kurun waktu 50 tahun lebih sudah terjadi urbanisasi penduduk desa pindah ke kota. Padahal, kekuatan pertanian kita adalah di desa,” ungkap Rektor.

Rektor mengungkapkan hal ini pada Lokakarya dan Seminar Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) di Auditorium Prof. Harjono Danoesastro, Fakultas Pertanian UGM, Selasa (22/11). Acara yang mengusung tema “Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Pertanian untuk Menghasilkan SDM Profesional Berdaya Saing Global” ini digelar Fakultas Pertanian UGM pada 22 – 23 November 2016.

“Ini potret, kalau ini terjadi di berbagai belahan di Indonesia, bagaimana pertanian akan maju, karena sudah jarang ditemui anak muda mau terjun ke sawah-sawah. Ini tentu menjadi PR bagi perguruan tinggi pertanian di Indonesia, bagaimana membangkitkan kembali generasi muda untuk cinta pada pertanian kita,” tuturnya.

Lokakarya dan Seminar Nasional FKPTPI yang diikuti 90 perguruan pertanian di Indonesia. Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan akan memancing kembali semangat generasi muda untuk menekuni dunia pertanian. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *