Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Kurangi Impor, Peneliti UGM Kembangkan Bakteri Fermentasi
Kurangi Impor, Peneliti UGM Kembangkan Bakteri Fermentasi
Kurangi Impor, Peneliti UGM Kembangkan Bakteri Fermentasi

Kurangi Impor, Peneliti UGM Kembangkan Bakteri Fermentasi

Edupost.id – Peneliti Universitas Gadjah Mada berhasil mengembangkan bakteri asam laktat strain lokal. Strain tersebut berasal dari bakteri Lactobacillus plantarum yang berpotensi untuk menggantikan isolat impor dalam produksi susu fermentasi berbasis bakteri asam laktat.

Strain yang dinamai dengan Dad-13 ini dikembangkan oleh dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Endang Sutriswati Rahayu. Strain ini berasal dari fermentasi susu kerbau atau dikenal dengan sebutan dadih.

Penemuan ini berhasil mengantarkan Trisye, begitu dia biasa disapa, meraih penghargaan terbaik kedua kategori Anugerah Adibrata (peneliti) dalam Penganugerahan Iptek tahun 2016. Kegiatan penganugerahan ini diberikan oleh Menteri Ristekdikti pada puncak acara Hari Kebangkitan Nasional (Hakteknas), 10 Agustus 2016 lalu di Solo. Penghargaan diberikan terkait dengan karya inovasi nasional yang dihasilkan.

Trisye mengatakan pengembangan bakteri asam laktat strain lokal ini bermula dari keprihatinannya terhadap tingginya ketergantungan industri fermentasi akan kultur bakteri (starter) dari luar negeri. Hingga kini, industri fermentasi Indonesia masih mengandalkan starter impor untuk produksi probiotik. “100 % starter masih impor dalam pembuatan susu fermentasi di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut rencana, pada 2017 mendatang pihaknya akan melakukan legalisasi strain probiotik lokal ini. Hal itu ditujukan untuk mendukung kemajuan industri susu fermentasi Indonesia.

“Hasil penelitian ini siap untuk dibawa menuju arah komersialisasi. Harapannya, dengan adanya strain lokal bakteri asam laktat ini dapat mengurangi ketergantungan industri susu fermentasi pada isolat impor,” urainya (UGM/IK-SS)

Check Also

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Ungkap Pelemahan KPK, Wyncent Raih Mawapres Nasional 2017

Edupost.id – Nama Wyncent Halim, mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UGM berhasil dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *