Rabu , 24 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Minimalisir Sampah Plastik dengan Pot Jerami Karya UNY
Mahasiswa-UNY-Ciptakan-Pot-Organik-dari-Jerami
Pot Jerami karya mahasiswa UNY (foto: UNY)

Minimalisir Sampah Plastik dengan Pot Jerami Karya UNY

Edupost.id – Selama ini Polybag banyak dimanfaatkan dalam proses persemaian berbagai jenis tanaman padahal limbah plastik polybag termasuk sulit terurai oleh mikroba. Atas dasar hal tersebut, tim mahasiswa FMIPA UNY mengembangkan pot biodegradable atau pot organik dari limbah jerami dengan tambahan daun lamtoro (Leucaena leucocephala) dan pupuk kandang dari kotoran kambing.

Tim UNY tersebut yaitu Shinta Pramudyasiwi, Asti Dian Arini dan Fitri Handayani dari prodi Pendidikan Kimia serta Lailatul Fitriyah prodi Pendidikan Biologi dan Risma Widayati prodi Fisika. Ketua Tim, Shinta menjelaskan, kandungan selulosa yang tinggi pada jerami menjadikannya berpotensi sebagai bahan baku pembuatan pot biodegradable. Selain itu, jerami mengandung bahan organik yang berperan penting dalam merekatkan butiran tanah primer menjadi butiran tanah sekunder untuk membentuk agregat tanah yang mantap.

Risma Widayati memaparkan cara pembuatan pot organik ini. “Langkah pertama yaitu membuat bubur jerami dan bubur daun lamtoro,” tuturnya. Pembuatan bubur jerami yakni dengan menimbang jerami sebanyak 3 kg kemudian dicuci menggunakan air, kemudian dipotong menjadi ukuran kecil dan dimasukkan ke dalam blender. Lalu ditambahkan aquades secukupnyadan 15 gram NaOH dan diblender kembali. Bubur jerami yang telah jadi ditiriskan untuk menghilangkan kandungan airnya. Sedangkan, bubur daun lamtoro dibuat dengan cara menghaluskan 1,5 ons daun lamtoro yang telah dicuci bersih menggunakan lumpang.

Langkah selanjutnya, lanjutnya, yakni mencampur bubur jerami sebanyak 1 kg dengan 5 gram kanji, 25 gram daun lamtoro dan 75 gram pupuk kandang kering. Campuran diaduk hingga homogen, kemudian dicetak adonan pot biodegradable dengan alat press.

Pot ini diharapkan bisa meningkatkan nilai ekonomis limbah jerami dan sebagai alternatif wadah semai yang ramah lingkungan sehingga mengurangi pencemaran lingkungan akibat penumpukan limbah plastik polybag. Karya mahasiswa ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian tahun 2016. (UNY/IK-SS)

Check Also

Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Lezatnya Onde-onde Lele Kreasi Mahasiswa UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan cara pengolahan lele yang berbeda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *