Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Mobil Formula ITS Siap Berlaga di Kejuaraan SFJ Jepang

Mobil Formula ITS Siap Berlaga di Kejuaraan SFJ Jepang

SURABAYA – Tim mobil formula Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang dinamai Sapu Angin (SA) Speed generasi ketiga (SAS III) telah selesai dirancang. Rencananya mobil ini akan mewakili Indonesia berlaga dalam kejuaraan Student Formula Japan (SFJ) di sirkuit Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Jepang pada 1-5 September mendatang.

SFJ merupakan kompetisi balap mobil formula yang diadakan satu tahun sekali oleh Society of Automotive Engineers (SAE) Jepang. Kompetisi ini mengutamakan kecepatan dan kehandalan dari mobil yang digunakan. Sebanyak 90 tim dari delapan negara di kawasan Asia dan Eropa seperti Jepang, Austria, China, Thailand, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Indonesia akan berlaga untuk merebutkan posisi Juara Umum di tahun ini.

Rizaldy Hakim Ash-Shiddieqy, Manager Umum Tim SA ITS tahun ini mengungkapkan, SAS III merupakan mobil hasil pengembangan dari SAS generasi pertama (SAS I) dan generasi kedua (SAS II). Ia menyebutkan, sebelumnya SAS I dan SAS II pernah berlaga di lintasan balap Negeri Sakura. “Pada ajang yang sama, di tahun 2013, SAS I mendapat Best Rookie Award yang ditujukkan kepada pendatang baru terbaik,” terangnya.

Namun, di tahun selanjutnya pada SAS II, tim SA gagal meraih penghargaan karena buruknya cuaca saat kompetisi berlangsung. Akhirnya tim SA ITS membuat inovasi baru pada SAS III. Selain memperbaiki sistem dinamika dan badan mobil, bagian mesin SAS III juga tak luput diubah.

Mengenai target ITS pada kompetisi ini, Achmad Maulana Yasin, salah satu tim engine SA ITS, mengungkapkan bahwa SAS III mampu masuk peringkat sepuluh besar. Untuk mencapai target ini, banyak upaya yang dilakukan tim SA ITS. Salah satunya dengan menguji performa SAS III secara berkala. “Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui letak kekurangan SAS III,” tuturnya. (ITS/IK-SS)

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *