Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Mobil Hemat Energi IST AKPRIND Siap Berlaga di Singapura

Mobil Hemat Energi IST AKPRIND Siap Berlaga di Singapura

Edupost.id – Dua tim mobil mahasiswa Institute Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta akan mewakili Indonesia dalam ajang lomba mobil hemat energi dalam Shell Eco-Marathon (SEM-A) 2017 di Singapura, 16-19 Maret 2017 mendatang. Dua mobil itu adalah Kalisahak 28 di kategori Urban Ethanol, dan Mataram Proto di kategori prototype.

“Kami menjadi satu – satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang mewakili Indonesia dalan ajang kompetisi dunia ini,” ujar Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Amir Hamzah.

Tim AKPRIND menjadi satu-satunya PTS di DIY yang masuk dalam kompetisi tersebut. Selain IST AKPRIND, masih ada dua kampus lain dari DIY yang juga akan turut berlaga di ajang internasionak ini. Kedua kampus yang dimaksud adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dua tim mahasiswa IST AKPRIND yang akan bertanding di Singapura tersebut adalah Tim Mataram Proto dan Tim Kalisahak 28. Setiap tim beranggotakan 6 mahasiswa dan satu manajer serta didampingi satu dosen pembimbing.

Ellyawan Setyo Arbintarso, Dosen Pendamping Tim Kalisahak 28 mengatakan, tim yang dibimbingnya akan menampilkan mobil hemat energi dengan bahan bakar ethanol. Tim ini akan mengikuti ajang SEM-A 2017 di kategori Urban Ethanol.

“Sebelumnya kami pernah menjuarai runner up pada kategori yang sama dalam ajang Indonesia Energy Marathon Chalenge (IEMC) 2014 di Surabaya dan pernah mengikuti ajang yang sana di SEM-A 2015 di Fhilipina,” ujarnya.

Tahun ini, tim sudah melakukan beberapa penyempurnaan mobil untuk menghadapi laga di Singapura. Salah satu perubahannya adalah penggunaan bahan fiber dari serat alam untuk merakit badan mobil.

Dalam uji coba terakhir, mobil Kalisahak 28 ini mampu dipacu dengan jarak tempuh 127 kilometer untuk satu liter bahan bakar. Capaian ini akan terus diperbaiki.

Totok Susilo, manager Tim Mataram Proto mengatakan, untuk mobil Mataram Proto akan menggunakan bahan bakar solar dalam ajang ini. Tim ini juga pernah mewakili Yogya di ajang SEM-A di Malaysia 2013 dan di Filipina 2014. Mobil yang digunakan dalam event tahun ini juga sama dengan tahun 2014.

Tim juga melakukan beberapa perbaikan khususnya untuk bahan dasar pembuatan badan mobil. Mahasiswa yang masuk dalam tim tersebut merupakan gabungan dari program studi teknik elektro, teknik mesin dan teknik perindustrian.

“Persiapan kami sudah satu tahun, dan kami siap di ajang ini,” kata Totok. (Andi)

Check Also

Tim IST AKPRIND Maju ke Kompetisi Mobil Hemat Energi

Edupost.id – Tim mobil Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta lolos dalam Kontes Mobil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *