Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Mobil Listrik ITS Jelajahi Jawa-Bali Sebelum Bertanding di Australia

Mobil Listrik ITS Jelajahi Jawa-Bali Sebelum Bertanding di Australia

SURABAYA – Mobil listrik bertenaga surya karya mahasiswa ITS telah memasuki tahap finishing. Mobil yang dinamai Widya Wahana V ini melakukan uji coba Tour de Java-Bali pada 17-19 Agustus 2015. Nantinya mobil ini akan mewakili Indonesia di kompetisi internasional World Solar Challenge 2015, Australia (WSC 2015) pada Oktober mendatang.

WSC 2015 merupakan kejuaraan mobil surya tingkat internasional, yaitu perjalanan sejauh 3000 km dari Darwin (Australia Utara) hingga Adelaide (Australia Selatan). Tantangan dari peserta WSC 2015 adalah bagaimana mengelola tenaga surya pada mobil agar dapat menyelesaikan perjalanan dalam jangka waktu maksimal 6 hari dengan perjalanan setiap hari maksimal 9 jam (08.00-17.00 Waktu setempat). Selain itu, adanya tantangan suhu Australia yang cukup ekstrem, berkisar antara 20-30 derajat celcius. Kemudian, tempat pemberhentian (pit stop,red) yang tidak menentu, keadaan jalanan yang penuh dengan road train menjadi tantangan lainnya.

Dengan dibekali motor listrik berkekuatan 12 x 2 kW, Widya Wahana V dapat melaju hingga kecepatan maksimal 150 km/jam dan memiliki jarak tempuh 700 km/charge. Melalui spesifikasi tersebut, mobil Widya Wahana V diharapkan mampu menorehkan prestasi maksimal pada WSC 2015, yaitu menjadi juara dunia.

Sebelum berlaga, mobil ini diuji coba pada 17 Agustus lalu dalam misi Tour de Java Bali. Yaitu perjalanan Widya Wahana V dari Jakarta menuju Denpasar Bali. Mobil surya yang dapat menampung dua orang ini rencananya melakukan pit stop di beberapa kota besar, diantaranya Jakarta (start), Semarang, Banyuwangi, dan Denpasar (finish).

Kegiatan Tour de Java-Bali ini juga sebagai upaya mensosialisasikan pentingnya pengembangan transportasi bertenaga alternatif khususnya tenaga surya/matahari pada masyarakat Indonesia. 19(ITS/IK-SS)

Check Also

Antraks Serang Ternak di Kulonprogo, UGM Himbau Masyarakat Tetap Waspada

Antraks Serang Ternak di Kulonprogo, UGM Himbau Masyarakat

Edupost.ID – Dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat di wilayah Yogyakarta diresahkan dengan kabar kasus antraks …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *