Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mobil Listrik UII Juarai Kompetisi Nasional

Mobil Listrik UII Juarai Kompetisi Nasional

Edupost.ID, Sleman – Mobil Listrik Android Generasi ke-2 karya mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil menjadi juara pertama dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia VII yang digelar di Politeknik Negeri Bandung pada 13-15 November 2015.

Tidak hanya menjadi yang pertama dalam kategori uji kecepatan, berkat inovasi teknologi yang diterapkan yaitu dapat dikendalikan dengan menggunakan sistem android ketika tidak dikendarai oleh manusia, maka Mobil Listrik yang diberi nama Kaliurang Unisi ini juga dinobatkan sebagai yang terbaik dalam kategori Inovasi Teknologi.

“Alhamdulillah Tim UII akhirnya juara kecepatan 1 dan Best Teknologi dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia 2015, terima kasih atas do’a dan dukungan semua keluarga besar UII, saudara, sahabat, dan juga IKA UII Jawa Barat.” Ketua Tim Mobil Listrik UII, Nazri Afandi Pasaribu ketika ditemui di Kampus UII Jalan Kaliurang km 14.

Nazri menambahkan, mobil listrik ini tercipta berkat kreativitas mahasiswa dari enam Program Studi di UII. Mahasiswa yang terlibat dalam tim Mobil Listrik ini berasal dari Program Studi Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Kimia, dan dan Teknik Sipil. Masing-masing jurusan itu memiliki peran masing-masing dalam pembuatan Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi ke-2 tersebut. Tim mahasiswa ini di bawah bimbingan seorang dosen dari Pogram Studi Teknik Elektro.

“Ilmu mereka dituangkan per jurusan. Teknik Kimia mengembangkan teknologi baterai, Teknik Informatika lebih ke teknologi android atau informasi. Teknik Elektro mengenai kontrol dan motor juga, Teknik Mesin mengembangkan body mesin dan desain bekerjasama dengan Teknik Industri. Sedangkan pengujian kekuatan material itu dari Teknik sipil”.ujar Nazri.

Dalam uji kecepatan tersebut, Mobil Listrik Kaliurang Unisi dikemudikan oleh Muhammad Haikal Izkayoga (19), mahasiswa angkatan 2014 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri UII. (Andi)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *