Senin , 5 Desember 2016
Home / Kabar Kampus / Mobil Semar UGM Siap Berlaga di KMHE 2016
Mobil Semar UGM Siap Berlaga di KMHE 2016
Mobil Semar UGM Siap Berlaga di KMHE 2016 (foto: UGM)

Mobil Semar UGM Siap Berlaga di KMHE 2016

Edupost.ID – Tim Mobil Semar Univesitas Gadjah Mada (UGM) meluncurkan tiga buah mobil yang akan berlaga dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016. Ajang ini akan dihelat pada 31 Oktober hingga 4 November di kompleks Candi Prambanan Yogyakarta. Sebagai tuan rumah penyelenggaraan KMHE pada tahun ini, UGM menargetkan untuk dapat menjadi juara umum.

Dalam KMHE 2016, Tim Semar akan ambil bagian dalam kategori Urban Concept dan Prototype. Sejumlah pengembangan terhadap mobil tahun lalu terua dilakukan untuk menciptakan mobil terbaik.

Pada kategori Urban Concept, UGM menggunakan mobil Semar Urban Gasoline yang berkonsep city car 4 roda dan berbahan bakar bensin. Sedangkan pada kategori Prototype akan menggunakan mobil Semar Proto Diesel yang berbahan bakar diesel dan Semar Proto Electric yang menggunakan listrik sebagai penggerak utamanya.

Tahun ini, tim Semar melakukan banyak perubahan untuk meningkatkan kualitas mobil. Tim terus melakukan berbagai pengembangan pada mobil untuk meminimalkan penggunaan bahan bakar.

Untuk mobil Semar Urban Gasoline serta Semar Proto Diesel, perubahan besar dilakukan utuk mengurangi bobot mobil. Chassis yang digunakan tahun ini menggunakan composite material dengan bahan carbon fiber yang mampu mengurangi bobot hingga lebih dari 50%.

“Semar Proto Diesel tahun lalu berat chasisnya 25 kg sekarang menjadi hanya 8 kg. Kalau yang gasoline penurunannya dari 25 kg menjadi 12 kg,” tutur Fachmi Al Farizi selaku ketua tim.

Perubahan pada desain chassis ini, berpengaruh cukup signifikan terhadap kemampuan aerodinamis mobil serta membuat pemakaian bahan bakar menjadi jauh lebih hemat. Proto Diesel yang menggunakan mesin 210 cc, misalnya, ditargetkan dapat mencapai penggunaan bahan bakar hingga 500 km/liter.

“Dengan berbagai upaya yang telah kami lakukan untuk melakukan inovasi dan perbaikan konsep, kami optimis dapat meraih juara pada ajang KMHE 2016 dan SEMAR bisa menjadi raja di rumahnya sendiri,” imbuh Fahmi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Iwan Dwiprahasto mengatakan, KMHE tahun ini harus menjadi momentum.untuk membuktikan bahwa UGM dapat unggul sebagai tuan rumah.

“Kita harus menampilkan yang terbaik. Saatnya kita membuktikan bahwa di rumah sendiri Semar bisa menjadi yang terbaik,” ujar Iwan. (Andi)

Check Also

UGM Juarai Kontes Robot Terbang Indonesia

UGM Juarai Kontes Robot Terbang Indonesia

Edupost.id – UGM berhasil menjuarai Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2016 yang dilaksanakan pada 23-26 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *