Jumat , 24 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Mobil Surya ITS Siap Bertanding di World Solar Challenge 2015

Mobil Surya ITS Siap Bertanding di World Solar Challenge 2015

SURABAYA – Tim ITS Solar Car Racing meluncurkan mobil surya ITS, Widya Wahana V (WW V) yang akan siap bertanding dalam kompetisi World Solar Chllenge (WSC) 2015 di Australia. Mobil Surya ITS ini menjadi satu-satunya kontingen Indonesia yang berpartisipasi pada ajang WSC 2015 Oktober mendatang.

Rektor ITS, Joni Hermana mengungkapkan bahwa poin penting dari kompetisi tersebut ialahmengalahkan diri sendiri. “Harus disiplin pada diri sendiri demi menjaga stamina menghadapi berbagai tantangan,” tuturnya. Sebab, lokasi kompetisi di Australia berada di daerah tandus sehingga akan mudah dehidrasi. Ditambah, lintasan WSC 2015 dari Darwin, Northern Territory ke Adelaide, Australia Selatan berjarak 2998 km yang menguras tenaga.

Tantangan lainnya dari WSC 2015 ialah batas waktu maksimal perjalanan. Peserta harus menyelesaikan perjalanan dalam waktu enam hari dengan time race sembilan jam per hari. Selain itu, suhu Australia yang cukup ekstrem, tempat pemberhentian (pitstop) yang tidak menentu, serta keadaan jalanan yang penuh dengan roadtrain menjadi tantangan berikutnya.

Terkait persiapan, Joni menjelaskan bahwa mobil yang berkapasitan dua orang tersebut sudah cukup latihan selama sembilan bulan. “Beberapa waktu lalu, WW V telah melakukan percobaan dari Jakarta ke Denpasar. Dalam percobaan tersebut, segala kendala yang muncul telah diperbaiki sehingga WW V siap untuk mengikuti WSC 2015,” pungkasnya.

Joni berharap, saat kompetisi di Tokyo beberapa waktu yang lalu, ITS gagal mengikuti kompetisi hanya karena kesalahan kecil. Kali ini ITS Solar Car Racing Team tidak boleh mengulang kesalahan yang sama. “Waktu di Tokyo, kita didiskualifikasi hanya karena satu tetes oli saja. Hal itu mengajarkan kita untuk siap dalam segala kondisi yang tidak terduga,” ucapnya. Ia mengingatkan, menang merupakan bonus, namun menjadi lebih baik itu harus. (ITS/IK-SS)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *