Sabtu , 23 September 2017
Home / Kabar Kampus / MR. BOSI, Boneka Edukasi yang Lucu Ciptaan Mahasiswa UGM

MR. BOSI, Boneka Edukasi yang Lucu Ciptaan Mahasiswa UGM

YOGYAKARTA – Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mendesain sebuah media edukasi anak berupa boneka yang dinamai MR.BOSI. Boneka edukasi ini dirancang agar menjadikan anak-anak semangat belajar.

Kelima mahasiswa itu ialah Fun Nagede Adinsyah (Pendidikan Dokter Gigi 2014), Ulul Ilmi Bilqisti, Sembadra Dyah Ulmi Bilqisti (Teknik Industri 2012), Muhammad Ja’far (Teknik Mesin 2014) dan Rahma Ariyani (Akutansi 2013).

Nagede Adinsyah menyampaikan, kehadiran MR.BOSI ditujukan untuk mengurangi rasa bosan dan jenuh saat belajar. MR. BOSI disajikan dengan desain yang unik dan menarik, sehingga anak-anak dapat bermain sambil belajar.

“Di sisi lain, kami juga membidik pasar dokter gigi maupun tenaga dalam pengabdian masyarakat. Alat ini sebagai media edukasi saat penyuluhan atau ketika mengajar anak-anak”, terangnya, seperti dilansir laman UGM.

Nagede menilai, saat ini anak-anak lebih suka bermain dengan boneka buatan luar negeri, seperti micky mouse, donald duck dan lain-lain. Karen aitu, timnya membuat MR. BOSI sebagai produk buatan dalam negeri.

“Kami ingin agar generasi Indonesia dapt tumbuh dan berkembang bersama produk-produk buatan anak bangsa, karena fenomenanya saat ini anak lebih suka bermain dengan produk boneka buatan luar negeri”, paparnya.

Sembadra Fitriani menyebutkan, boneka-boneka yang diproduksi saat ini merupakan boneka edukasi kesehatan dan hewan yang berbentuk boneka gigi yang lucu. Untuk boneka gigi, ada dua jenis yaitu boneka cerita dan boneka jari. Untuk boneka cerita, saat ini telah tersedia tiga seri cerita dan boneka jari 1 seri.

“Untuk boneka hewan yang telah diproduksi adalah boneka lebah. Alhamdulillah boneka ini mendapat respon positif dari pasar. Hingga saat ini, produk kami sudah bisa dipasarkan ke berbagai tempat di Indonesia, seperti Aceh, Makasar, Lampung, NTT, dan lain-lain”, terangnya. (IK-SS)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

SMP Negeri 15 Yogyakarta Pilot Project Sekolah Ramah Anak

Edupost.id – SMP Negeri 15 Yogyakarta telah dicanangkan menjadi salah satu pilot project sekolah ramah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *