Senin , 16 Juli 2018
Home / Kabar Kampus / Mulai 2019, Program D3 di UGM Ditutup
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

Mulai 2019, Program D3 di UGM Ditutup

Edupost.id – Mulai tahun 2019, Universitas Gadjah Mada akan menutup program Diploma 3 (D3).
Sebagai pengantinya UGM akan membuka program D4.

Dekan Sekolah Vokasi UGM, Wikan Sakarinto mengatakan, penghapusan program D3 dan membuka D4 untuk meningkatkan kualitas lulusan, terutama kompetensinya. Selain itu juga untuk menyamakan grade lulusan dengan sarjana (S1).

“Selain itu, dari sisi grade, lulusan S1 lebih tinggi dibandingkan dengan D3,” terang Wikan.

Ditambahkan, dari sisi kemampuan, lulusan D3 sebenarnya lebih siap bekerja dibandingkan dengan lulusan S1. Sebab D3 memang dipersiapkan untuk bekerja sesuai dengan keahliannya.

Sementara S1 umumnya lebih pada bidang akademik. Hanya saja, saat di lapangan justru yang terserap lebih banyak lulusan S1, meski tidak berkompeten di bidang tersebut.

Dalam membuka program D4 ini, UGM mengandeng mitra dunia industri, baik dari perbankan, otomotif dan industri lainnya. UGM juga membuka program penelusuran bibit unggul vokasi yang memberikan kesempatan untuk siswa berprestasi masuk UGM tidak melalui tes.

“Sekolah vokasi yang nanti kami buka, juga spesifik tidak secara global, seperti D4 Bahasa Inggris bisnis, D4 Pariwisata pengelolaan jasa wisata. Intinya harus spesifik. Sehingga lulusannya benar-benar berkompeten di bidang tersebut,” ungkap Wikan.  (Andi)

Check Also

8.322 Maba UGM Ikuti PPSMB Tahun Ini

UGM Terima 2.141 Calon Mahasiswa Jalur SNMPTN

Edupost.id – Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) UGM, Djagal Wiseso Marseno mengatakan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=