Selasa , 22 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Nikmatnya Cendol dari Kulit Taoge Karya Mahasiswa UNY
Es dawet atau cendol
Es dawet atau cendol (yelp.my)

Nikmatnya Cendol dari Kulit Taoge Karya Mahasiswa UNY

Edupost.id – Limbah taoge biasanya dibuang begitu saja di pasar atau oleh para pengrajin taoge, sehingga berpeluang untuk mencemari lingkungan. Hal tersebut melatarbelakangi mahasiswa FMIPA UNY, Muhammad Yuliantito Budiono mengolah kulit taoge menjadi es dawet atau cendol yang lezat.

Yuliantito berujar, es dawet yang merupakan minuman kuliner khas Indonesia ini selain nikmat juga bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini karena adanya cendol yang berperan melepaskan rasa panas di dalam tubuh. 

Dawet mengandung energi sebesar 878 kilokalori, protein 11,25 gram, karbohidrat 175,37 gram, lemak 14,9 gram, kalsium 163 miligram, fosfor 230 miligram, dan zat besi 2,28 miligram. Selain itu, di dalam dawet juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C sebanyak 2 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram dawet, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

“Kulit taoge kacang hijau ini ternyata dapat dimakan karena zat gizi protein pada kulit taoge kacang hijau lebih tinggi yaitu 8,73 % jika dibandingkandengan biji taoge kacang hijau yang hanya 2,9%, kemudian kulit taoge kacang hijau juga mengandung 0,12% vitamin B1 (tiamin) dan 49,44% serat kasar yang tidak terdapat pada biji taoge kacang hijau. Kulit taoge kacang hijau memiliki kandungan air sebanyak 63,35%, abu 7,35%, dan kandungan TDN adalah 64,65. Serta beberapa mineral seperti kalsium sebanyak 0.92 % dan fosfor 0,21 %,” paparnya.

Pemanfaatan kulit taoge menjadi cendol dilakukan dengan mengganti sebagian tepung hangkuew dengan kulit taoge. Substitusi kulit taoge pada cendol memberi perubahan kadar gizi dan tingkat kesukaan konsumen. Proses pengolahan dimulai dengan menyaring kulit taoge yang telah diblender, kemudian dicampur dengan tepung hangkuew, tepung beras, vanili garam dan air kemudian direbus. Setelah mendidih kemudian dicetak dan ditampung dengan air es. (UNY/ IK-SS)

Check Also

Asyiknya Belajar Matematika dengan TIKO Karya UGM

Asyiknya Belajar Matematika dengan TIKO Karya UGM

Edupost.id – Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi banyak siswa. Namun, kini telah hadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *