Senin , 26 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Nikmatnya Lumpia Daun Pepaya Karya UNY
lumpia daun pepaya karya uny
Lumpia daun pepaya karya UNY (foto: UNY)

Nikmatnya Lumpia Daun Pepaya Karya UNY

Edupost.id – Selama ini daun pepaya biasa dikonsumsi masyarakat sebagai sayur lalapan. Namun, di tangan empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), daun pepaya yang pahit itu diolah menjadi panganan lezat, lumpia yang berkhasiat menurunkan kolesterol.

Penemuan mereka ini termasuk dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan tahun 2016. Kelima mahasiswa UNY tersebut yakni Lastri Purwanti, Dwi Utami dan Ulfa Khoirotul Rosidah serta Ulfa Umrhotul Fitriah. Mereka menciptakan lumpia rendah kolesterol yang berisi daun pepaya, daging ayam dan jamur.

Menurut Ketua Kelompok Lastri Purwanti, dipilihnya daun pepaya sebagai pengganti rebung dalam lumpia tesebut karena daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung gizi yang tinggi dan kalsium. Kandungan vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, dan sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas.

“Sebenarnya daun pepaya mengandung banyak khasiat, namun pemanfaatannya dalam dunia kuliner masih sangat rendah” kata Lastri.

Ia menambahkan, jika daun pepaya diolah dengan benar maka rasa pahit yang terkandung dalam daun tersebut dapat diminimalisasi. “Untuk menambah variasi rasa, tumisan daun pepaya juga dicampur dengan bahan yang rendah kolestrol yaitu daging ayam dan jamur” kata Ulfa.

Keunggulan lainnya dari produk mereka ini, lanjutnya, llumpia tersebut digoreng dengan minyak rendah kolesterol. “Lumpia ini  digoreng dengan menggunakan minyak kelapa yang cenderung lebih aman,” tuturnya.

Dwi Utami menyebutkan, pembuatan lumpia ini hampir sama dengan pembuatan lumpia pada umumnya. “Perbedaannya terletak pada isi lumpia karena menggunakan daun pepaya,” terangnya.

Penjualan lumpia rendah kolesterol ini dilakukan di beberapa tempat diantaranya kantin kampus dan pasar tradisional dengan harga Rp. 2000,- per buah. Salah seorang konsumen, Rahayu Condro berpendapat bahwa rasa lumpia ini cukup enak, manis dan tidak pahit. (UNY/IK-SS)

Check Also

mahasiswa IPB jadikan rambut manusia untuk suburkan tanah

Mahasiswa IPB Suburkan Tanah dengan Rambut Manusia

Edupost.id – Salon dan tempat pangkas rambut menghasilkan sejumlah sejumlah besar limbah rambut manusia yang belum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *