Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Nugget Singkong Kreasi UNY, Penambah Nafsu Makan
Nugget Singkong Kreasi UNY, Penambah Nafsu Makan
Nugget Singkong Kreasi UNY, Penambah Nafsu Makan

Nugget Singkong Kreasi UNY, Penambah Nafsu Makan

Edupost.id – Di tangan mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) singkong diubah menjadi makanan kekinian yang akrab di kalangan anak dan remaja. Mereka mengolahnya menjadi nugget yang lezat dan mampu menambah nafsu makan.

Ketua Kelompok KKN B-106, di Trukan banyak warga yang menanam singkong, oleh karenanya para mahasiswa berinisiatif membuat sajian dari bahan makanan lokal yang ada. “Dengan inovasi berupa nugget singkong diharapkan anak-anak di desa ini dapat mencicipi singkong dengan cara baru” kata Wahyu.

Salah satu anggota KKN, Anggun Yuni Adi Saputri menjelaskan bahwa resep nugget singkong terdiri dari tiga bagian, yaitu bahan, tepung kering dan tepung basah. “Tepung kering dan basah lebih digunakan saat menggoreng nugget singkong agar lebih lezat rasanya” kata Anggun.

Menurut mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Boga FT tersebut, bahan yang diperlukan adalah 500 gram singkong kukus, 500 gram daging ayam fillet, 3 siung bawang putih, 1 buah bawang bombay sedang, 4 sdm tepung tapioka, 3 sdt salt garlic powder, 1 sdm margarin, 350 gram tepung roti, 0,5 sdm jahe parut, 1 liter minyak goreng, garam lada gula secukupnya. Bahan tepung kering adalah 150 gr tepung terigu tinggi protein, 50 gr tepung maizena, 1 sdt garlic powder, garam lada secukupnya. Sementara itu, bahan tepung basah adalah 50 gr tepung terigu tinggi protein, 30 gr tepung maizena, 0,5 sdt baking soda, 1 butir telur ayam, 1 sdt garlic powder, 90 ml air dingin, garam lada secukupnya.

Cara membuatnya, bawang putih dan bawang bombay ditumis hingga harum. Singkong kukus dihaluskan, lalu giling daging ayam fillet dengan bumbu hingga halus. Campur adonan daging ayam dan singkong kukus hingga rata kemudian masukkan dalam loyang yang dilapisi plastik bening atau daun pisang yang diolesi minyak. Kukus selama 15-30 menit kemudian angkat, didinginkan dan potong berbentuk stik. Stik nugget digulungkan dalam tepung kering sampai rata, masukkan dalam tepung basah kemudian gulingkan dalam tepung roti dan digoreng hingga coklat. Tiriskan dan nugget singkong siap disajikan. Pembuatan nugget singkong ini telah disampaikan pada warga Trukan dan berhasil baik.

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *