Jumat , 28 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Obati Gigi Berlubang, Mahasiswa UI Kerja Sosial di Babel
Mahasiswa-FKG-UI-Kerja-Sosial-di-Babel
Mahasiswa FKG UI Kerja Sosial di Babel (foto: UI)

Obati Gigi Berlubang, Mahasiswa UI Kerja Sosial di Babel

Edupost.id – Sebanyak 110 mahasiswa dan 30 dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) menggelar kegiatan sosial bertajuk Kerja Sosial FKG UI 2016 “Bersatu Mengabdi Sehatkan Negeri”. Kegiatan ini berlangsung selama seminggu sejak 24 Juli hingga 30 Juli di empat desa di provinsi Bangka Belitung.

Kegiatan ini dilatarbelakangi atas bentuk kepedulian para mahasiswa FKG UI akan permasalahan penyakit gigi dan mulut yang  terjadi di masyarakat seperti karies gigi dan gigi berlubang. Lebih lanjut, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan  prevalensi masalah penyakit gigi dan mulut di Indonesia meningkat dari 23,2% pada tahun 2007 menjadi 25,9% pada tahun 2013.

Sedangkan, pemilihan Bangka Belitung didasarkan pada Riskesdas 2013 yang menyatakan bahwa Indeks DMFT atau Tingkat Kerusakan Gigi Provinsi Bangka Belitung adalah 8,5 atau ± 9 gigi per orang mengalami kerusakan. Indeks tersebut adalah angka tertinggi di Indonesia. Selain itu, jumlah tenaga kesehatan Dokter Gigi di provinsi ini belum mencapai target indikator Indonesia Sehat. Rasio Dokter Gigi yang melayani di Bangka Belitung hanya 5 dokter gigi per 100.000 penduduk dimana idealnya adalah 11 dokter gigi per 100.000 penduduk.
Kegiatan tersebut diisi dengan pelayanan kesehatan berupa Pengobatan Gigi dan Mulut dengan target 1.000 orang dewasa dan anak ; Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut serta Kesehatan Umum dengan sasaran 1.000 anak dan 400 dewasa serta Sirkumsisi atau sunat dengan target 100 orang anak dan Seminar Kedokteran Gigi.

Dekan FKG UI, Yosi Kusuma Eriwati Yosi menyampaikan, dirinya sangat mendukung pelaksanaan Kersos 2016 karena sejalan dengan misi FKG UI untuk menghasilkan dan mengamalkan karya penelitian teknologi kedokteran gigi dan mewujudkan pelayanan kedokteran gigi yang berkualitas.

 

“Diharapkan upaya yang dilakukan oleh para mahasiswa dan dosen FKG UI ini dapat membawa perubahan lebih baik pada kesehatan gigi dan mulut masyarakat Bangka Belitung. Selain itu, terjadi keberlanjutan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut di tengah-tengah masyararat sejak dini,” ungkapnya. (IK-SS)

Check Also

Universitas Indonesia (UI)

UI Terima 1.481 Mahasiswa Baru melalui SNMPTN

Edupost.id – UI menerima 1.481 mahasiswa baru S1 Reguler dari total pendaftar SNMPTN 2017 sebanyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *