Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Olgenas UGM Digelar, Ratusan Siswa Indonesia Ikut Serta
Olgenas 2017
Olimpiade Geografi Nasional (OLGENAS) ke-XII 2017

Olgenas UGM Digelar, Ratusan Siswa Indonesia Ikut Serta

Edupost.ID – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Geografi Univesritas Gadjah Mada (UGM) kembali menyelenggarakan Olimpiade Geografi Nasional (OLGENAS) ke-XII 2017. Kompetisi nasional ini dilaksanakan selama lima hari pada 9-13 Januari mendatang, mengangkat tema “Geopariwisata sebagai Perwujudan Pembangunan Berkelanjutan dalam Upaya Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Acara ini diikuti oleh 75 tim SMP dan 167 tim SMA dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Diselenggarakan sebagai ajang untuk memperkenalkan ilmu geografi kepada para pelajar di tingkat SMP dan SMA se-Indonesia,” kata Alfian Nur Arozan Hidayattulloh, Ketua Panitia OLGENAS 2017, dalam acara pembukaan OLGENAS Tingkat SMA, Rabu (11/1) di Auditorium Merapi, Fakultas Geografi UGM.

Secara resmi, kegiatan ini telah dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Geografi UGM, Prof. Dr. rer.nat. Muh. Aris Marfa’i, M.Sc. Senin (9/1). Selain olimpiade, dalam kegiatan tersebut turut diselenggarakan seminar nasional, talkshow, dan expo.

Rangkaian kegiatan Olimpiade tingkat SMA ini meliputi beberapa tahapan tes. Tahapan dimulai dari tes tulis secara berkelompok, outdoor learning atau kegiatan lapangan yang berorientasi pada pengenalan bentang lahan di wilayah Yogyakarta, ujian multimedia, tes laboratorium, serta presentasi esai dan poster ilmiah.

Dalam penyelenggaraan kompetisi, OLGENAS berorientasi pada peningkatan daya saing kompetensi siswa yang mencakup aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Tiga komoetensi ini merupakan tolok ukur kesuksesan pembelajaran dengan melatih siswa menghadapi kondisi Indonesia di masa mendatang. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *