Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / OSN Mahasiswa 2017, UGM Hanya Raih Tiga Piala
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Gadjah Mada (UGM)

OSN Mahasiswa 2017, UGM Hanya Raih Tiga Piala

Edupost.id – Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih tiga piala dalam kegiatan Olimpiade Sains Nasional Mahasiswa 2017 di Yogyakarta 2-5 Oktober. Pada ajang yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini, UGM hanya mampu merebut medali dari bidang Matematika dan Kimia.

Kontingen UGM yang dipimpin oleh Muhammad Musta’in (MIPA 2013) berhasil menjadi juara II bidang Matematika oleh Alzimna Badril Umam (MIPA 2015). Selain itu, pada bidang Kimia, tim UGM merebut juara II dan jiara III. Juara II bidang Kimia diraih oleh Yafi Surya Permana (Farmasi 2017) dan Juara III oleh Hendra (MIPA 2015).

Baca juga: KMSI UGM Kembali Gelar LOmba bulan Bahasa

“OSN Dikpora DIY ini akan menjadi batu loncatan kontingen ONMIPA UGM untuk bergerak lebih pasti dan tekun berlatih dalam rangka menghadapi Olimpiade Nasional MIPA oleh Kemenrtistek Dikti nanti dan juga olimpiade sains lainnya,” tutur Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Ahmad Agus Setiawan.

Kegiatan yang biasa disebut OSN Dikpora 2017 mempertandingkan 4 bidang yaitu Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika. Total peserta OSN mencapai 300 mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebanyak 300 peserta OSN ini berasal dari 44 perguruan tinggi di Indonesia, termasuk UGM.

Sementara, posisi puncak ajang ini ditempati oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB berhasil menempatkan diri di posisi puncak dengan capaian 7 piala.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, M.Si., mengungkapkan bahwa olimpiade ini menjadi hal positif yang dapat disorot oleh masyarakat Indonesia, “Dalam sebuah kompetisi pasti ada menang dan kalah. Namun yang perlu diingat bahwa setiap peserta merupakan juara bagi dirinya sendiri,” tutup Aji. (Andi)

Check Also

UGM Raih Juara Umum Soil Festival Karst Indonesia

UGM Raih Juara Umum Soil Festival Karst Indonesia

Edupost.id – Tim Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih prestasi dalam dua kategori lomba LKTIN Karst Indonesia dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *