Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Paduan Suara UGM Raih Medali dalam Kompetisi di Italia
Paduan Suara UGM Raih Medali dalam Kompetisi di Italia
Paduan Suara UGM Raih Medali dalam Kompetisi di Italia (foto: UGM)

Paduan Suara UGM Raih Medali dalam Kompetisi di Italia

Edupost.id – Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih prestasi membanggakan dalam ajang International Choral Competition (ICC) 2016 di Rimni, Italia. Dalam kompetisi yang berlangsung pada 22-25 September lalu itu, PSM UGM meraih Gold Diploma Level 1 dan Level 2 dengan silver medal.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa PSM UGM, Aprilo Ade Wismoyo, menyampaikan tim PSM UGM berhasil meraih juara 2 pada kategori sacred music (gold diploma level 1). Selain itu, PSM UGM  juga berhasil menduduki posisi kedua pada kategori gospel and folklore (gold diploma level 2). Dalam kompetisi ini diikuti 19 tim paduan suara dari berbagai negara di dunia.

“PSM UGM berhasil mendapatkan medali perak ICC di Italia ,” kata Aprilo.

Dalam kompetisi bergengsi itu, PSM UGM mengirimkan 27 penyanyi, 1 conductor, serta didampingi 3 official dan 1 pembina. Mereka membawakan sejumlah lagu untuk ditampilkan dalam beberapa kategori, antara lain lagu O Magnum Mysterium, O Nata Lux, Ubi Catiras, dan Gloria Patri di kategori sacred music. Sementara di kategori gospel dan folklore menampilkan lagu Ugo-Ugo (Banyuwangi), Benggong (NTT), Tak Tong Tong (Padang) dan Let Me Fly.

“Pada kategori Grand Prix, PSM UGM membawakan repertoar Ergebung, Io Mi Son Giovinetta, dan Qontrr Qui, Rose,”jelasnya.

Dikatakan Aprilio dalam kompetisi ini menghadirkan lima pakar di bidang paduan suara dari berbagai negara untuk menjadi tim penilai. Mereka adalah Eriks Ešenvalds sebagai President of the jury yang berasal dari Latvia, Anatoly Kiselev sebagai anggota juri dari Russia, dan Manolo Da Rold anggota juri dari Italia. Berikutnya,  Margrethe Ek anggota juri dari Norwegia dan Fabio Pecci anggota juri dari Italia.

Sementara itu, pembina PSM UGM, Antari Innaka, S.H., M.H., mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh tim PSM UGM. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari usaha dan kerja keras tim PSM UGM dalam mengikuti kompetisi. Selain itu, juga dukungan universitas yang telah memfasilitasi pembinaan mahasiswa serta penyiapan mengikuti kompetisi.

“Terima kasih atas doa dan dukungannya. Semoga PSM bisa terus berprestasi dan mengharumkan nama UGM di berbagai kompetisi,” katanya. (UGM/IK-SS)

Check Also

Aplikasi Pasienia UGM Juara Dunia Kompetisi Google

Aplikasi Pasienia UGM Juara Dunia Kompetisi Google

Edupost.id – Aplikasi Pasinea besutan alumni UGM berhasil menjadi  juara dunia dalam kompetisi Google Business Group …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *