Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Pak Abu, Pakan Ayam Anti Bau Karya Mahasiswa UNY
Pak-Abu-pakan-ayam-anti-bau-karya-mahasiswa-uny
Pak Abu, Pakan ayam anti bau karya mahasiswa UNY (foto; UNY)

Pak Abu, Pakan Ayam Anti Bau Karya Mahasiswa UNY

Edupost.id – Selama ini peternakan ayam broiler cendrung identik dengan bau busuk yang berasal dari kotoran. Namun, berkat Pak Abu (Pakan Ayam Anti Bau) karya mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kini kotoran ayam tak lagi berbau. Karena pakan tersebut diolah dari rempah-rempah.

Para mahasiswa tersebut yaitu Pony Salimah Nurkhaffah, Listia Palupi Wisnu Aji (Pend. Matematika), Akmala Fauziyah (Pend. Teknil Sipil dan Perencanaan), Amaliyah Rahayu (Pend. Biologi), Elsa Aviventi (Pend. Kimia).

Ketua Tim, Pony memaparkan, produk Pak Abu merupakan pakan ayam broiler berbahan dasar rempah-rempah yaitu kunyit, jahe, lengkuas, dan lempuyang. Bahan-bahan tersebut dipilih karena mudah didapatkan dan telah teruji mampu menghilangkan bau kotoran ayam.

Selain itu, pakan ini dapat meningkatkan bobot ayam. Target pemasaran produk Pak Abu adalah peternak ayam broiler.

Ia menerangkan, cara membuat Pak Abu yaitu kunyit, jahe, lengkuas, dan lempuyang dikupas lalu diiris tipis-tipis. Kemudian, dijemur selama 1-2 hari hingga kering. Setelah itu, diblender secara terpisah.

Selanjutnya,  jagung digiling kasar. Lalu, ampas kelapa disangrai sampai kering dan berwarna kecoklatan. Kemudian,  semua bahan dicampur dengan komposisi tertentu. Setelah itu, diberi air pada campuran semua bahan. Lalu, diaduk hingga merata. Selanjutnya, adonan pakan digiling menggunakan mesin penggiling pakan lalu dikeringkan dengan oven kompor.

Untuk pemasaran Pak Abu, tambah Pony,  dipasarkan melalui beberapa cara, diantaranya promosi pada peternak ayam broiler di berbagai daerah, situs web/internet, penyebaran brosur dan banner, kerjasama dengan toko-toko pakan ternak, dan door to door. (UNY/IK-SS)

 

 

 

Check Also

Asyiknya Belajar Matematika dengan TIKO Karya UGM

Asyiknya Belajar Matematika dengan TIKO Karya UGM

Edupost.id – Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi banyak siswa. Namun, kini telah hadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *