Jumat , 15 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Pakar Hukum Unpad Dianugerahi “Habibie Award”
Pakar Hukum Unpad Dianugerahi Habibie Award
Pakar Hukum Unpad Dianugerahi Habibie Award

Pakar Hukum Unpad Dianugerahi “Habibie Award”

Edupost.id – Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Padjadjaran (UNpad), Prof. Bagir Manan dianugerahi “Habibie Award 2017” dari Yayasan Sumber Daya Manusia dan Iptek, Habibie Center. Anugerah diberikan langsung oleh B.J. Habibie kepada Prof. Bagir di kediaman di Jakarta.

“Ini merupakan bentuk penghargaan atas kontribusi yang diberikan Prof. Bagir Manan terhadap pengembangan hukum sebagai sebuah ilmu dan pengembangan hukum dalma praktik kehidupan negara dan bangsa Indonesia,” ujar Dosen Hukum Tata Negara Departemen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Unpad, Susi Dwi Harijanti.

Susi menjelaskan, ada lima aktivitas penting yang pernah dilakukan Prof. Bagir dalam upaya peningkatan kesejahteraan, perdamaian, dan keadilan. Hal pertama dijelaskan, Prof. Bagir pernah menjadi koordinator kelompok kerja pada Tim Nasional Reformasi Menuju Masyarakat Madani. Tim yang dibentuk Presiden B.J. Habibie ini bertugas merancang program reformasi di bidang politik, ekonomi, dan hukum.

Lalu pada 23 Juli 2001, tatkala Prof. Bagir menjabat sebagai ketua Mahkamah Agung, Presiden Abdurahman Wahid mengeluarkan Dekrit Presiden yang antara lain berisi pembekuan MPR dan DPR. Kala itu, Prof. Bagir diminta Ketua DPR Akbar Tanjung untuk mengeluarkan fatwa MA. Dalam hal ini, fatwa harus segera dikeluarkan, karena jika tidak Indonesia mengalami krisis konstitusi yang berimbas lahirnya krisis politik.

Kemudian, dalam hitungan jam, MA akhirnya berhasil mengeluarkan fatwa. Fatwa ini telah ditunggu dalam Rapat Paripurna Sidang Istimewa MPR.

Prof. Bagir juga berperan dalam penanganan perdamaian di Aceh, ia menjadi ketua juru runding Pemerintah Indonesia. Salah satu materi perundingan terkait adanya permintaan partai politik lokal di Aceh. 

 

Anugerah “Habibie Award” merupakan penghargaan yang diberikan bagi individu atau organisasi yang dinilai berjasa besar dalam menyebarluaskan ilmu pengetahuan bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian. Digelar pertama sejak 1999, sebanyak 57 ilmuwan Indonesia telah menerima penghargaan ini.  (Unpad/ IK-SS)

Check Also

Putri Malu bisa menyembuhkan asam urat

Peneliti Unpad Lawan Asam Urat dengan Ramuan Putri Malu

Edupost.id – Tanaman Putri Malu (Mimosa pudica L.) termasuk tanaman yang unik karena mampu mengatupkan sendiri daun-daunnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *