Senin , 16 Juli 2018
Home / Kabar Kampus / Pakar Unpad Gaungkan Produk Halal sebagai Gaya Hidup
Universitas Padjajaran (unpad)
Universitas Padjajaran (Unpad)

Pakar Unpad Gaungkan Produk Halal sebagai Gaya Hidup

Edupost.id – Indonesia berada di posisi sebelas, negara yang menjadi indikator perkembangan ekonomi Islam global. Padahal kita memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Halal industri kita belum kondusif. Hal ini yang mendasari pakar Universitas Padjajaran (Unpad) menggaungkan produk halal sebagai gaya hidup.

“Kita merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tetapi kita nomor sebelas. Mengapa? Salah satu ukurannya adalah ekosistem. Di halal industri kita belum kondusif,” kata Dr. H. Sapta Nirwandar, S.E., DESS., dalam Bedah Buku Halal LifestyleTren Global, & Peluang Bisnis di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Kamis (15/02).

Ketua Ikatan Alumni Unpad 2012-2016 ini mengungkapkan, berkembangnya industri halal bukan hanya terjadi di negara mayoritas Muslim. Sejumlah negara dengan jumlah penduduk Muslim relatif sedikit juga sudah mulai melihat potensi besar pasar halal.

Bisnis halal pun bukan hanya di sektor pangan, tetapi sudah mencakup produk kosmetik, farmasi, fashion, dan finansial. Bahkan kini telah merambah hingga ke bisnis travel, pendidikan, media, rekreasi, dan seni. “Halal adalah lifestyle,” kata Dr. Sapta yang merupakan alumni Fakultas Ekonomi Unpad ini.

Buku Halal Lifestyle, Tren Global, & Peluang Bisnis ditulis Dr. Sapta dengan harapan dapat membuka cakrawala bisnis di sektor halal lifestyle yang saat ini memiliki potensi sangat besar. Halal yang kental dengan filosofi religi ternyata memiliki makna yang sangat luas dan bisa diaplikasikan dalam berbagai sisi kehidupan, termasuk ekonomi. (Unpad/ IK-SS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=