Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Pelajar Malaysia Kagum Melihat Perpustakaan Unsyiah

Pelajar Malaysia Kagum Melihat Perpustakaan Unsyiah

BANDA ACEH- Puluhan pelajar dari sekolah Pahang, Malaysia berkunjung ke perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, dalam rangka library tour. Pelajar yang berjumlah 67 orang itu, tertarik dengan aktivitas dan sistem pelayanan perpustakaan kampus Unsyiah.

Ketua Rombongan Library Tour siswa Malaysia, Muhammad Fadhil menunjukkan kekagumannya, melihat suasana perpustakaan Unsyiah.

“Mahasiswa di sini cukup baik dan disiplin, saya tertarik, lebih-lebih mahasiswanya banyak yang beraktivitas di perpustakaan,” ujarnya, dilansir laman Unsyiah Library.

Hal menarik dari perpustakaan Unsyiah ini, menurutnya adalah, karena adanya sistem peminjaman mandiri yang memudahkan orang meminjam buku.

“Kalau di sekolah saya belum ada. Dengan adanya kunjungan seperti ini, menambah wawasan kami mengenai perpustakaan,” ucap Hafizatun, siswa lainnya.

Kunjungan sekaligus silaturahmi dari negara serumpun ini, turut dimeriahkan dengan pagelaran musikalisasi puisi dan penampilan multimedia. Unsyiah sendiri menampilkan Zana Syaifulah, mahasiswa Agribisnis dalam musikalisasi puisi.

Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani menyebutkan, kunjungan rombongan dari Malaysia ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, sejumlah pustakawan dari negara tersebut sudah pernah datang.

Taufiq menjelaskan, perpustakaan induk Unsyiah ini telah memperoleh akreditasi A dari Perpustakaan Nasional sejak 2013. Saat ini, pihaknya menargetkan kualitas pelayanan pustaka ini bisa meraih predikat ISO 9001:2008.

Perpustakaan Unsyiah juga telah berlangganan dua database jurnal terbesar dunia yaitu Science Direct dan Springer Links. Selain itu, tersedia juga fasilitas e-books dan berbagai dokumen yang dapat bisa diunduh.

Taufiq menambahkan, jumlah pengunjung perpustakaan Unsyiah kini meningkat tajam mencapai ribuan orang per bulan berkat adanya sistem Self Loan Station atau peminjaman mandiri, yakni dapat langsung meminjam buku tanpa harus menghadap ke petugas perpustakaan. (RR/IK)

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *