Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Pelajar Malaysia Penasaran dengan Catur U-Camaintian Unpad

Pelajar Malaysia Penasaran dengan Catur U-Camaintian Unpad

BANDUNG – Sebanyak 17 pelajar dan 5 guru dari Sekolah Menengah (SM) Sains Kuala Terengganu Malaysia berkunjung ke Unpad. Para peserta kunjungan tersebut merupakan anggota Chess Club di SM Sains Kuala Terengganu. Mereka ingin mengetahui aktivitas catur yang terkenal di Unpad, U-Camaintian atau Unpad Catur Main Bertiga Bergantian.

“Kita ingin mengetahui bagaimana perkembangan Catur di Unpad. Kita harapkan ada tukar wawasan terkait bagaimana pengelolaan catur di kami maupun Unpad,” tutur Fauzi.

Acara diawali dengan presentasi mengenai UCMU oleh Irvan Yustian, Ketua UCMU, serta penjelasan mengenai U-Camaintian oleh Imam Anshari, perwakilan oleh UCMU. Menurut Imam, U-Camaintian merupakan pertandingan catur unik yang dimainkan secara bergantian oleh satu tim yang terdiri dari tiga orang. “Mungkin sedikit aneh, bagaimana main catur bertiga, padahal papannya hanya satu. Tetapi bagaimana caranya kita harus bermain secara bertiga,” ucap Imam.

U-Camaintian dikembangkan Rektor Unpad ke-10, Ganjar Kurnia. Sejak 2010, setiap tahunnya Unpad rutin menggelar turnamen U-Camaintian. Turnamen yang selalu menjadi bagian dari pelaksanaan Dies Natalis Unpad ini selalu diikuti para atlet catur atau perwakilan dari grup catur di seluruh Indonesia.

Menurut Imam, permainan catur jenis ini memiliki nilai positif. Para pemain harus dapat menjaga kekompakan di satu tim. “Apabila main bertiga, kita harus bisa menyusun kekompakan dan strategi yang baik,” ujar Imam.

Dalam kunjungan ini juga digelar simulasi pertandingan U-Camaintian yang dilakukan antara perwakilan UCMU dengan perwakilan SM Sains Malaysia Terengganu. (Unpad/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *