Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Pelajar SMA se-Indonesia Bertanding dalam Lomba KIR di IST Akprind

Pelajar SMA se-Indonesia Bertanding dalam Lomba KIR di IST Akprind

Edupost.ID, Yogyakarta – Sebanyak 20 tim pelajar SMA/SMK dari seluruh Indonesia mempresentasikan karya ilmiah di auditorium kampus Institut Sains dan Teknologi (IST) Akprind Yogyakarta, pada Senin (18/5). Mereka adalah para finalis lomba Karya Ilmiah Remaja dari SMA/SMK yang sedang mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan dewan juri.

Fahmi, koordinator acara, mengatakan bahwa event yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia IST Akprind Yogyakarta ini adalah event tahunan yang selalu digelar tiap tahun. Dan pada tahun ini, event yang mengusung tema “Back to Nature for a better future” ini adalah tahun ke 6 penyelenggaraan.

“Ini tahun ke 6, tapi tahun pertama untuk tingkat nasional”, ujarnya. Fahmi menambahkan, untuk tahun sebelumnya event yang sama masih digelar hanya untuk tingkat Jawa Bali.

Dijelaskan Fahmi, sebelumnya panitia menerima 85 karya dari SMA/SMK seluruh Indonesia. Namun, dari jumlah itu hanya 20 karya yang masuk grand final dan dipresentasikan hari ini. Naskah yang masuk final, lanjut Fahmi berasal dari Jawa, Sumatra, dan Bali. Khusus untuk DIY, hanya ada satu finalis, yaitu dari Sekolah Menengah Teknik Industri (SMTI) Yogyakarta.

Untuk dewan juri, pihak panitia mendatangkan 4 orang. Satu di antaranya berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup, dan tiga lainnya dari dosen Teknik Kimia IST Akprind.

Selain karya ilmiah, setiap sekolah juga harus mengirimkan tim untuk stand produk hasil penelitian mereka dan poster yang digunakan untuk lebih memperkenalkan produk hasil penelitian mereka. (Andi)

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *