Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Pelajar SMP dan SMA se-Indonesia Ikuti Olimpiade Geografi di UGM

Pelajar SMP dan SMA se-Indonesia Ikuti Olimpiade Geografi di UGM

Edupost.Id, Yogyakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Geografi UGM menggelar Olimpiade Geografi Nasional (OLGENAS) di gedung Fakultas Geografi UGM, (18/1). Acara ini diikuti pelajar SMP dan SMA se-Indonesia. Acara yang sudah digelar kesepuluh kalinya ini akan berlangsung hingga Jumat (22/1).

“Acara ini bertujuan meningkatkan kualitas materi geografi siswa SMP dan SMA,” ujar Ketua Panitia OLGENAS 2016, Furqonudin, ketika ditemui Edupost.Id di sela-sela acara.

Dikatakan Furqon, acara ini diikuti 38 tim SMP dan 148 tim SMA. Untuk SMP, panitia tidak membatasi jumlah tim dari masing-masing sekolah. Namun, untuk SMA panitia membatasi maksimal dua tim dari tiap sekolah. Furqon menyebutkan, peserta paling jauh untuk SMP berasal dari Palembang, Banjarmasin, dan Palu. Sementara, untuk SMA peserta paling jauh dari Medan dan Gorontalo.

Peserta SMP hari ini mulai memasuki babak penyisihan. “Pagi ini mulai mengikuti ujian tertulis, kemudian pukul 12.45 berangkat menuju lokasi outdoor learning,” lanjut Furqon. Pada babak outdoor learning, menurut Furqon, peserta akan diajak menyelesaikan permasalahan geografi langsung di alam.

Esok hari akan diumumkan 10 tim yang berhak maju ke semifinal. Selanjutnya akan ditentukan 5 tim yang berhak melaju ke babak final. Do babak final mereka akan diuji dalam format cerdas cermat. Sementara, untuk SMA kegiatan akan dimulai pada Rabu (20/1). Mereka akan memasuki babak ujian tulis, tes multimedia, presentai esai, dan pameran poster.

Khusus SMA, panitia tidak memberlakukan penyisihan dan final. Peserta hanya diwajibkan mengikuti semua rangkain penilaian. Nilai akan diakumulasi untuk penentuan medali. “Panitia menyediakan 20 medali terdiri 3 medali emas, 7 medali perak dan 10 medali perunggu,” kata Furqon.

Panitia juga menyiapkan tropi untuk para juara. Juara 1 SMP akan membawa pulang tropi Kemendikbud. Sementara juara kedua dan ketiga masing- masing mendapat tropi dari Gubernur DIY dan Rektor UGM. Sedangkan untuk SMA, juara pertama akan memperoleh tropi Kemdikbud dan medali emas. Juara kedua dan ketiga masing-masing mendapat tropi dari Rektor UGM dan Dekan Fakultas Geografi UGM serta medali emas. (Andi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *