Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Pelayanan Difabel di UIN Sunan Kalijaga Belum Optimal

Pelayanan Difabel di UIN Sunan Kalijaga Belum Optimal

Edupost.ID, Yogyakarta – Sistem pelayanan difabel di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dinilai masih belum optimal. Walaupun secara fisik, kampus ini telah membuat jalan khusus bagi difabel, tetapi sistem pelayanan belum berjalan di setiap bagian kampus, seperti fakultas maupun rektorat. Demikian diungkapkan oleh ketua Pusat Layanan difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Muhrisun Afandi di sela-sela acara peringatan hari Difabel Internasional di UIN.

Ditambahkan Muhrisun, jika sistem pelayanan difabel telah berjalan dengan baik, maka keberadaan PLD tidak lagi diperlukan. PLD selama ini telah berfungsi sebaga lembaga advokasi mahasiswa difabel di UIN.

“Seharusnya di setiap fakultas ada pelayanan untuk para difabel, sehingga tidak lagi membutuhkan bantuan dari PLD,” ujar Muhrisun. Selama ini, PLD selalu dimintai bantuan untuk membantu para difabel. Hal ini menunjukkan ketidak siapan UIN menjadi kampus inklusi. Ia juga menilai, kurang tepat jikaUIN disebut kampus inklusi, karena pada kenyataannya UIN belum mampu melayani mahasiswa difabel secara optimal.

Muhrisun menambahkan, seharusnya semua lembaga pendidikan siap melayani mahasiswa difabel. Karena hal itu merupakan amanat undang-undang. “Dalam UU sudah jelas, bahwa pendidikan inklusi untuk semua jenjang,” katanya.

Data di PLD UIN, ada 56 orang mahasiswa berstatus difabel yang ada di UIN. Semuanya selalu mendapat bantuan dari PLD untuk dapat memudahkan mereka menerima materi di kelas maupun pelayanan administratif di kampus.

Terkait peringatan Hari Difabel Internasional yang jatuh pada 3 Desember, PLD UIN mengadakan serangkaian kegiatan. Sebelumnya, PLD telah menyelenggarakan seminar dan launching buku Fiqh (Ramah) Difabel. Dan untuk hari ini, digelar parade inklusi yang diikuti oleh puluhan mahasiswa difabel dari UIN dan beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi lain di Yogyakarta. (Andi)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *