Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Pembangkit Listrik Unair Ini Free Energy dan Zero Emission
Pembangkit Listrik Unair Ini Free Energy dan Zero Emission
Pembangkit Listrik Unair Ini Free Energy dan Zero Emission

Pembangkit Listrik Unair Ini Free Energy dan Zero Emission

Edupost.id – Konsumsi energi listrik di Indonesia kian meningkat, sementara cadangan bahan sumber pembangkit listrik semakin berkurang. Hal inilah yang melatarbelakangi tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) menciptakan pembangkit listrik yang free energy dan zero emission.

Empat orang anggota tim PKM-KC ini adalah Tita Aulia Nur Utami, Mayasari Hariyanto, Muhammad Zulfa Abdillah dan Moch Andi Putra Jaya. Mereka menamai inovasinya “PIONEER (Spin Magnet Generator), pembangkit listrik  Free Energy, Zero Emission, dan Portable.

“Saat ini Indonesia menghadapi masalah serius, yaitu ketahanan energi. Mengutip data dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (2014) bahwa konsumsi energi di Indonesia pada periode tahun 2000-2012 meningkat rata-rata sebesar 2,9% per tahun,” papar Siti Nurmala.

Penghematan energy listrik perlu dilakukan agar cadangan energi listrik di Indonesia tidak cepat habis. “Prinsip kerja dari PIONEER ini cukup sederhana, yaitu memanfaatkan gaya dari arah flux magnetic yang berlawanan sebagai sumber energy listrik. Alat ini dapat menghasilkan energy listrik lebih besar dari energy masukan yang digunakan sehingga efisiensi penggunaan listrik lebih besar,” jelas Tita Aulia.

Teknologi ini memiliki beberapa keuntungan, diantaranya tidak memerlukan energi/biaya operasional dan perawatan yang cukup banyak, karena menggunakan sumber energi magnet yang berputar terus menerus, dapat dioperasikan pada kondisi cuaca apapun dan dimanapun karena bentuknya yang portable dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas berbahaya.

”Dengan teknologi ini diharapkan mampu mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil sehingga ketahanan energi nasional di masa mendatang tetap terjamin,” tambah Siti.  (Unair/IK-SS)

Check Also

Sering Pakai Google Maps, Mahasiswa Unair Diundang ke California

Sering Pakai Google Maps, Mahasiswa Unair Diundang ke California

Edupost.id – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeritas Airlangga (Unair), Ahadin Syarifudin Fahmi Adimara terpilih sebagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *