Selasa , 23 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Pemilihan HMJ UIN: Antrean Panjang Sebabkan Mahasiswa Malas Memilih

Pemilihan HMJ UIN: Antrean Panjang Sebabkan Mahasiswa Malas Memilih

Edupost.ID, Sleman – Pemilihan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) UIN Sunan Kalijaga serentak dilangsungkan pada kamis (3/12). Antrean yang panjang menyebabkan sejumlah mahasiswa malas untuk ikut serta.

Pencoblosan diagendakan dimulai pada pukul 8 pagi dan selesai pukul 4 sore. Akan tetapi terjadi keterlambatan. Terdapat tiga pasang calon untuk setiap jurusan. “Nunggu dari jam setengah 9 sampai jam 10-an. Alasannya sih surat suara belum dateng dari panitia universitas,” ujar Nunu, mahasiswa Fakultas Dakwah kepada Edupost.ID.

Menurutnya, pengukuran waktu semacam itu biasa terjadi setiap tahun. Namun, alasan semacam itu hanya dibuat-buat. Hal ini dikarenakan panitia didominasi dari partai tertentu.

Pendapat serupa disampaikan Rachman dan Susi, mahasiswa Fakultas Saintek, Panitia tidak profesional, adanya antrean panjang sebelum masuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan di dalam ruang tidak ada saksinya. Ketika ditanya perihal teman-temannya, ia membenarkan banyak dari mereka yang kemudian mundur dan tidak jadi mencoblos. Masih banyak antrean dan kurang kondusif.

Hal serupa juga terjadi di Fakultas Syari’ah, “Panitia sudah profesional, tapi harus antre panjang banget, jadi kadang ada yang mengurungkan niat untuk nyoblos,” kata Iin mahasiswa Fakultas Syari’ah.

Rozaqy, dosen Gerakan Sosial, Jurusan PMI memberi tanggapan bahwa Komite Pemilihan Umum kurang terampil. Antre merupakan hal yang biasa, tapi waktunya harus diperhatikan. Panitia penyelenggara seharusnya memiliki kompetensi, mengerti akan tugasnya, jujur, adil, netral, melayani semua mahasiswa, serta tidak boleh berpihak pada satu partai tertentu.

Sampai saat ini Dari Pihak panitia PPUM (Panitia Pemilihan Umum Mahasiswa) belum dapat dikonfirmasi. Pemilu yang terjadi di UIN Sunan Kalijaga tahun ini tertutup bagi media massa kampus dan media massage di luar kampus. (Fitri)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *