Rabu , 19 September 2018
Home / Kabar Kampus / Pemuda Ini Ciptakan Motor Berbahan Bakar Kotoran Sapi
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Pemuda Ini Ciptakan Motor Berbahan Bakar Kotoran Sapi

Edupost.id – Rizal Justian Setiawan, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat inovasi motor yang berbahan bakar kotoran sapi. Berkat penemuannya ini, ia menjadi satu-satunya delegasi dari Indonesia di ajang World Forum of Future Leaders of Environmental di University of Tehran, di Tehran, Iran. 

Rizal menyampaikan, event tersebut ditujukan untuk memberikan dasar-dasar penelitian terkait teknologi tepat guna yang berdampak untuk lingkungan serta mengenalkan beberapa masalah subjek bidang natural resources terkini.

Melalui event ini diharapkan dapat mengakomodasi awardee dengan pengetahuan dasar tentang subjek yang akan diperlukan untuk studi lebih lanjut, dan kesempatan untuk para peneliti muda untuk bertemu profesor dari pemimpin lembaga-lembaga penelitian untuk belajar bersama.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa buat saya. Pengalaman selama mengikuti event ini juga luar biasa. Dari ASEAN ada dua orang. Satunya adalah dosen Universiti Putra Malaysia dan saya sendiri yang masih mahasiswa undergraduate,” terang Rizal.

Rizal menyebutkan, idenya ini diperoleh ketika mengunjungi rumah temannya di Desa Tirtahargo Bantul “Saya pikir, kotoran sapi sangat merugikan karena selain dapat merusak lingkungan karena baunya, kotoran sapi ini juga mengganggu warga sekitar. Tentunya kita sebagai masyarakat tidak ingin tinggal di daerah yang akrab dengan bau kotoran, sekalipun tinggal di daerah yang mayoritas peternak. Selain itu, harga BBM selalu meningkat, lebih baik kotoran sapi dijadikan bahan bakar untuk transportasi” terangnya.  (UNY/ IK-SS)

 

Check Also

Dirikan Kampus Murah, Darsono Dianugerahi Gelar Doktor

Dirikan Kampus Murah, Darsono Dianugerahi Gelar Doktor

Edupost.id – Ketua Yayasan Sasmita Jaya yang menaungi Universitas Pamulang, Darsono, mendapat anugerah gelar Doktor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=