Jumat , 24 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Pendaftaran Mahasiswa Baru UI Dibuka Februari

Pendaftaran Mahasiswa Baru UI Dibuka Februari

Edupost.ID, Depok – Pendaftaran mahasiswa baru di UI dibuka mulai bulan Februari 2016. Program pendidikan terbagi kedalam empat kelompok yaitu reguler, paralel, vokasi, dan kelas internasional. Sementara ada dua jalur masuk yang disediakan meliputi jalur undangan (SNMPTN) dan jalur ujian tulis (SBMPTN).

Jalur SNMPTN dimulai tanggal 29 Febuari 2016 – 12 Maret 2016. Hasil seleksi diumumkan pada 10 Mei 2016. Sementara untuk ujian tulis SBMPTN pendaftaran dibuka dari 25 April – 20 Mei 2016 dan ujiannya dimulai tanggal 31 Mei 2016. Jumlah kuota yang diterima UI dari SNMPTN 50%, SBMPTN 25%, dan SIMAK UI 25%.

“Kalau untuk tahun lalu kami menerima siswa dari SNMPTN 2258 orang, SBMPTN 1554,” ungkap Rini Febriani, staf humas UI kepada Edupost.id, (13/1).

Rini menjelaskan, semua fakultas dan program studi dibuka untuk S1 Reguler. Mulai dari rumpun Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi sampai rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora. Berbeda dengan S1 Paralel, tidak semua fakultas dan program studi dibuka. Sementara program Vokasi D3 yang dibuka seperti Fisioterapi, Administrasi, Komunikasi, dan Pariwisata.

Program kelas internasional, menurut Rini, disediakan jalur undangan atau talent scouting. Dalam kelas internasional, siswa dapat memilih mendapatkan gelar tunggal atau gelar ganda. Gelar ganda terdirid ari gelar UI dan gelar dari universitas yang bermitra dengan UI seperti Universitas Curtin, Universitas Leiden dan lainnya.

“Peminat talent scouting cukup banyak. Terutama siswa lulusan sekolah internasional. Mereka tidak bisa pakai bahasa kita, sedangkan di kelas kami semuanya pembelajaran menggunakkan bahasa Inggris,” tambahnya. (Nisa)

Check Also

seniman mengajar kemendikbud

Pendaftaran “Seniman Mengajar” di Daerah Terpencil Mulai Dibuka

Edupost.id – Pendaftaran kegiatan “Seniman Mengajar” yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *