Minggu , 24 September 2017
Home / Kabar Kampus / Pendidikan Dokter Unpad Jadi Prodi Favorit SNMPTN 2016
Universitas Padjajaran (unpad)
Universitas Padjajaran (Unpad)

Pendidikan Dokter Unpad Jadi Prodi Favorit SNMPTN 2016

Edupost.id, Bandung – Program studi (prodi) di Universitas Padjadjaran yang memiliki pendaftar terbanyak pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 adalah Pendidikan Dokter. Sebanyak 6.088 pendaftar memilih Pendidikan Dokter, kemudian terbanyak selanjutnya adalah Farmasi dengan 3.547 pendaftar, Manajemen dengan 3.449 pendaftar, Ilmu Komunikasi dengan 3.261 pendaftar, dan Ilmu Keperawatan sebanyak 3.139 pendaftar.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Arry Bainus menyebutkan, jumlah keseluruhan peserta SNMPTN 2016 yang mendaftar ke Unpad tercatat 60.425 peserta dari seluruh Indonesia. Jumlah tersebut menurun dari jumlah pendaftar SNMPTN ke Unpad pada tahun lalu, yakni sebanyak 74.159 pendaftar.

Arry menuturkan, prodi kedokteran itu luar biasa naiknya, sangat signifikan. Menurutnya, peningkatan peminat disebabkan oleh kebijakan Unpad untuk menggratiskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Dokter.
Tingginya jumlah peminat Unpad, tambah Arry, menunjukan kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan di Unpad. Dengan jumlah peminat yang tinggi, maka diharapkan Unpad dapat memilih dan mendapatkan mahasiswa yang berkualitas.

Terkait menurunnya jumlah pendaftar SNMPTN tahun ini dibanding sebelumnya, Arry menyebut hal itu disebabkan adanya kebijakan baru yang diberlakukan pada SNMPTN tahun ini. Menurut Koordinator Humas Pokja Nasional SNMPTN, Bambang Hermanto, panitia SNMPTN menerapkan pembatasan jumlah pendaftar pada tiap sekolah yang disesuaikan dengan akreditasi tiap sekolah.

Ketentuannya, sekolah yang memiliki akreditasi A memiliki batasan jumlah pendaftar maksimal 75%, sekolah berakreditasi B maksimal jumlah pendaftar 50%, akreditasi C maksimal 20%, dan akreditasi lainnya maksimal 10%. Pendaftar tersebut merupakan siswa yang masuk pada peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, empat, dan lima.

Meskipun jumlah pendaftar SNMPTN pada tahun ini menurun, pola tersebut merupakan kebijakan yang efektif. Dengan demikian, SNMPTN pada tahun ini diharapkan dapat memperoleh input yang berkualitas.
(Unpad/ IK-SS)

Check Also

MAN Yogyakarta 1

Siswa MAN 1 Yogyakarta Borong Kejuaraan Lomba Bahasa Inggris

Edupost.id – Empat siswa MAN 1 Yogyakarta berhasil memborong banyak kejuaraan dalam Edsa Youth Competition …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *