Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Peneliti IPB Ciptakan Minyak Ikan Lele Pencegah Alzheimer
Penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer (Odyssey pict)

Peneliti IPB Ciptakan Minyak Ikan Lele Pencegah Alzheimer

Edupost.id – Para peneliti IPB berhasil menciptakan minyak ikan lele pencegah penyakit alzheimer. Penyakit ini merupakan kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan tingkah pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya perlahan. 

Para peneliti itu terdiri dari Clara M. Kusharto dan Siti Madanijah (Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia – Fema) serta Sugeng Heri Suseno (Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan – FPIK).

Sugeng menjelaskan, salah satu upaya untuk mempertahankan derajat kesehatan lansia adalah dengan mempertahankan dan memperbaiki profil lipid. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan konsumsi asam lemak tak jenuh yang dapat memelihara dan memperbaiki profil lipid. Penggunaan minyak ikan lele yang mengandung poly unsaturated fatty acid (PUFA) dan mono unsaturated fatty acid (MUFA) memiliki efek positif terhadap kesehatan termasuk kognitif.

“Penelitian ini bertujuan untuk menguji manfaat antioksidan minyak ikan lele pada profil lipid dan stress oksidatif lansia serta manfaat antioksidan minyak ikan lele pada fungsi kognitif lansia,” ungkapnya.

Ia menuturkan, hasil penelitian membuktikan bahwa pasca pemberian perlakuan minyak ikan lele (MIL) mampu menurunkan kadar kolesterol total dibandingkan dengan minyak kedelai (MKD) dan minyak ikan komersial (MIK). Maka dapat disimpulkan bahwa minyak ikan lele memiliki manfaat dalam mempertahankan kadar kolesterol total dan cenderung dapat mempertahankan fungsi kognitif lansia. (IK-SS)

Check Also

Tim IPB Ciptakan Hidrogel Penutup Luka dari Kelapa Sawit

Tim IPB Ciptakan Hidrogel Penutup Luka dari Kelapa Sawit

Edupost.id – Selama ini produksi minyak sawit di Indonesia masih menyisakan tandan kosong kelapa sawit …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *