Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Peneliti IPB Ciptakan Plastik Daur Ulang dari Klobot Jagung
Jagung

Peneliti IPB Ciptakan Plastik Daur Ulang dari Klobot Jagung

Edupost.id – Jagung merupakan salah satu komoditas tanaman pangan yang digemari masyarakat Indonesia. Dari hasil panennya, bobot klobot jagung yang tersisa sekitar 38.38%. Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mencoba mengolahnya menjadi plastik daur ulang.

Mereka adalah Made Dirgantara, Miko Saputra, Muhammad Khalid, Eni Septi Wahyuni dan Mersi Kurniati dari Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Selama ini klobot jagung di Indonesia banyak digunakan sebagai pakan ternak, pembungkus makanan tradisional, dan kerajinan tradisional.

Mersi Kurniati mengatakan, kegunaan klobot jagung seperti yang disebutkan di atas belum efektif memaksimalkan potensi limbah klobot jagung, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memaksimalkan limbah klobot jagung. Pengembangan klobot jagung sebagai bioplastik biasa menjadi salah satu solusi untuk memaksimalkan kegunaan dari klobot jagung.

“Hal lain yang mendasari pengembangan bioplastik adalah plastik sintetis yang dibuat dari hasil sampingan minyak bumi seperti polietilen. Dengan bahan dasarnya minyak bumi, plastik sintetis memiliki bahan baku yang terbatas dan tidak dapat diperbaharui,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, plastik biodegradabel atau bioplastik merupakan salah satu inovasi yang diciptakan untuk mengurangi jumlah pencemaran yang disebabkan sampah plastik. Plastik biodegradabel terbuat dari campuran polimer sintetis dengan bahan alami seperti pati atau selulosa.

Check Also

Mahasiswa IPB Ciptakan Eco Selebgram untuk Generasi Millenial

Edupost.id – Yazidah Nur Rahmah, mahasiswa Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *