Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Peneliti IPB Kembangkan Sistem Deteksi Tangisan Bayi lewat HP
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peneliti IPB Kembangkan Sistem Deteksi Tangisan Bayi lewat HP

Edupost.id, Bogor – Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB), Agus Buono bersama dengan mahasiswanya mengembangkan jaringan syaraf tiruan sebagai media pencocokan sistem suara bayi. Pada penelitian tersebut, algoritma menjadi sistem yang dapat mendeteksi tangisan bayi berdasarkan kebutuhannya. Sistem tersebut kemudian dimasukkan ke dalam handphone.

“Jaringan syaraf tiruan ini merupakan salah satu teknologi kecerdasan komputasional. Kecerdasan komputasional adalah bidang ilmu yang mempelajari mekanisme adaptif dari kecerdasan berperilaku dalam lingkungan yang selalu berubah dan kompleks,” ujar Agus Buono.

Mekanisme adaptif, tambah Agus, merupakan bidang kajian yang mempelajari bagaimana sesuatu dapat beradaptasi dengan keadaan baru. Selain itu, juga melakukan generalisasi dan menemukan pengetahuan. Informasi yang dapat dimasukkan yaitu tersedak, kurang nyaman, haus, lapar atau takut. Kemudian, tinggal diperdengarkan suara tangisannya yang berupa frekuensi sinyal analog.

Informasi diproses menjadi sinyal digital dan dideteksi tiap segmen dengan waktu tertentu serta diproses menjadi vektor. Barulah dapat dicocokkan ke dalam mesin pengenalan berupa sejumlah cetakan data training. Pencocokan tersebut menggunakan jaringan syaraf buatan.

Sistem suara bayi telah masuk dalam anugerah inovasi dan segera dipatenkan. Agus berharap, penelitian tersebut menjadi suatu inovasi baru dan dapat membangun sistem bagi model lainnya.

Menurut Agus, secara umum ada tiga bagian yang membuat suatu sistem menjadi cerdas yaitu mampu belajar, menentukan nilai optimal, dan emosi atau rasa. Dengan sistem tersebut diharapkan sebuah teknologi memiliki kemampuan belajar, rasa, dan memilih input domain yang optimal. (IPB/Nisa)

Check Also

Forum Industri Pangan

Kemenristekdikti Gelar Forum Industri Pangan Menuju Kemandirian Pangan

Bogor – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI siap menjembatani terbangunnya konsep kolaborasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *