Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Peneliti UGM Kembangkan Olahan Jambu Biji Getas Merah

Peneliti UGM Kembangkan Olahan Jambu Biji Getas Merah

YOGYAKARTA – Buah jambu biji memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yakni mengandung vitamin A dan C serta kadar gula yang rendah. Potensi jambu biji yang tinggi khususnya di Desa Tambah Rejo, Pagerujung, Kendal menarik perhatian tim peneliti Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Mereka mengolah jambu biji secara kreatif untuk meningkatkan nilai jual dan menjadi pendapatan tambahan bagi warga sekitar Kendal. Olahan jambu biji tersebut dirubah menjadi olahan dodol, sirup, selai dan manisan.

Lia mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian menuturka,n produk yang dihasilkan dari jambu biji merah ini bermacam-macam. Produksi ini juga langsung diolah dari kelompok tani setempat. Kelebihan dari olahan tim dosen FKP ini selain harganya relatif murah, juga bertahan lama tanpa dicampur bahan pengawet.

Budidaya jambu merah ini dikemas dalam satu produk penelitian yang berjudul Jambu Biji Getas Merah. Jambu biji getas merah ini merupakan persilangan dari jambu Bangkok ke jambu lokal.

Lia menjelaskan, jambu biji diolah menjadi menjadi berbagai macam makanan ringan dan minuman untuk menambah nilai jual terhadap jambu tersebut. Sebab, jika tidak diolah sedemikian rupa maka dikhawatirkan jumlah jambu biji yang begitu banyak dapat mengancam anjloknya harga jambu biji di pasaran.

Ia menambahkan, hasil olahan ini bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mengandung antioksidan, meningkatkan kesehatan mata, mengandung vitamin B komplek, menjaga tekanan darah. Manfaat lainnya yaitu membantu kelenjar tyroid, membantu penyerapan nutrisi, dan menjaga kesehatan kulit. (UGM/IK-SS)

Check Also

guru-mengajar

Kota Yogyakarta Belum Terapkan Permendiknas Tentang Sumbangan

Edupost.ID – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta, Edy Hery Suasana menyatakan belum akan memberlakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *