Rabu , 28 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Peneliti UI Ciptakan Gelatin yang Terjamin Kehalalannya
Anugerah Media Humas tahun
Universitas Indonesia (foto: blogspot)

Peneliti UI Ciptakan Gelatin yang Terjamin Kehalalannya

Edupost.id – Gelatin dikenal sebagai bahan utama pembuatan kapsul dalam industri farmasi. Tak bisa dipungkiri masalah terkait kehalalan bahan ini menjadi hal penting terutama bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Zilhadia, peneliti asal Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) berhasil menemukan sumber alternatif bahan pembuatan gelatin yang terjamin halal yaitu dari kolagen kulit kambing Etawah.

Pada tahun 2007, produksi gelatin dunia sebesar 46% berasal dari kulit babi, 29,4% dari kulit sapi, 23,1% dari campuran tulang babi dan sapi, dan 1,5% dari tulang ikan, kerang, dan lain-lain. Penggunaan kulit sapi dan babi menimbulkan masalah terkait keyakinan agama di beberapa negara. Sapi juga relatif lebih mahal dibandingkan babi, sehingga banyak produsen yang lebih memilih babi sebagai bahan pembuatan gelatin. Hewan laut seperti kerang dan ikan juga tidak bisa menjadi andalan, karena jumlahnya yang lebih sedikit dan sifat gelatinnya yang tidak sebaik sapi dan babi.

Karena itu, Zilhadia memilih kambing etawah sebagai sumber gelatin yang baik karena halal, tidak sulit didapat, harganya relatif terjangkau, dan mempunyai sifat gelatin yang baik untuk dijadikan cangkang kapsul keras dan lunak dalam industri farmasi.

Ia mengungkapkan, jenis kambing etawah dipilih karena mempunyai bidang kulit yang lebih luas dibanding kambing lokal merek lain. Zilhadia mengolah kulit kambing ini menjadi gelatin dengan metode hidrolisis asam dengan cara merendam kulit kambing dengan larutan sodium sulfide 3% dan kalsium hidroksida 2% lalu dicuci sampai pH menjadi netral.

Kemudian, cangkang kapsul dari gelatin kambing ini diujikan di laboratorium melalui uji keseragaman bobot, keseragaman ukuran, kadar air kapsul, uji waktu hancur, uji kandungan sulfit kapsul, pengukuran pH, dan uji mikroba.

Setelah melalui serangkaian uji coba, Zilhadia dapat menyimpulkan bahwa gelatin kambing etawa dapat memenuhi persyaratan sebagai bahan dasar pembuatan kapsul keras dalam industri farmasi. (UI/ Ani)

Check Also

Dosen Unila Kembangan Sapi Perah di Dataran Rendah

Dosen UNILA Kembangan Sapi Perah di Dataran Rendah

Edupost.ID- Dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung UNILA, mahasiswa program doktoral Pascasasarjana Fapet UB, Ir. Arif …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *